Shopping Cart

5 Pesona Atraktif dari Mandalika, Destinasi Wisata di Lombok Tengah

Posted by Zaskia Mecca on
5 Pesona Atraktif dari Mandalika, Destinasi Wisata di Lombok Tengah

Nusantara sudah dikenal sebagai destinasi wisata dengan banyak pesona yang bisa ditawarkan, mulai dari pesona pesisir hingga pegunungan. Jadi, tidak heran kalau ada banyak tempat mempesona yang wajib dikunjungi di negeri tercinta ini.


Salah satu destinasi wisata atraktif yang wajib banget dibahas di sini adalah Mandalika. Tempat yang belum banyak dikenal orang ini berlokasi di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Walau belum sepopuler Bali atau Raja Ampat, Mandalika sebenarnya sudah cukup sering disambangi turis, baik itu turis domestik maupun luar negeri. Yuk, intip beberapa pesona yang dimiliki Mandalika!


Legenda Putri Mandalika

Nama Mandalika tidak diciptakan begitu saja, ZM girls. Nama ini berasal dari kisah rakyat yang sangat terkenal di Lombok. Terkisah seorang putri cantik bernama Mandalika. Kecantikannya membuat Mandalika jadi rebutan banyak pria pada masa itu. Sayangnya, hal ini memberi tekanan pada Mandalika sendiri. Ia merasa tidak mampu menghadapi banyaknya lamaran tersebut.


Kisah ini memang berakhir pilu, karena Mandalika memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Sang putri memilih lompat ke laut untuk menghindari konflik. Lalu, untuk menghormati kepergian sang putri, tempat yang kini jadi pesisir nan indah tersebut dinamai dengan nama Mandalika. Di malam hari, sering muncul cacing laut di pesisir pantai, membuat air laut seperti sedang menyala. Fenomena ini dianggap sebagai salah satu keajaiban di destinasi wisata ini.


Menjadi kawasan ekonomi khusus

Destinasi wisata yang satu ini sudah resmi ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Mandalika jadi salah satu dari program 10 Bali Baru yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia. Tujuannya agar pasar pariwisata Indonesia bisa naik kelas. Turis tidak hanya terpaku pada Bali saja, tetapi mulai melirik potensi destinasi wisata lainnya di Indonesia.


Karena Mandalika sudah ditetapkan sebagai KEK, tidak heran kalau pembangunan terus dilancarkan di sini. Tidak hanya secara infrastruktur, tetapi juga Sumber Daya Manusia yang ada. Pemberdayaan terus dilakukan agar Mandalika siap menyambut kunjungan-kunjungan kamu, ZM girls!


Jadi destinasi wisata untuk perhelatan olahraga 

Salah satu poin pembangunan yang jadi daya tarik dan pesona Mandalika bisa jadi adalah sirkuit balapnya. Tidak tanggung-tanggung, sirkuit balap ini dibuat dengan level internasional. Tujuannya untuk menggaet lebih banyak mata saat perhelatan olahraga balap dilaksanakan di sini. Ajang balap MotoGP dan Superbike juga dikabarkan akan berlokasi di sirkuit Mandalika.


Sirkuit Mandalika sendiri dirancang serupa street circuit yang dimiliki Singapura dan Monako dalam ajang balap Formula 1. Hal ini tentu bagian dari strategi pemerintah sendiri. Dengan rancangan sirkuit terbuka, pesona alam Mandalika juga bisa menjadi daya tarik khusus selama ajang balap tersebut berlangsung.


Surga bagi para pecinta pantai

Tidak lengkap rasanya kalau membahas pesona Mandalika tanpa membahas pesona pesisirnya. ZM girls yang destinasi wisata favoritnya adalah pantai, Mandalika bakal jadi tempat yang wajib kamu kunjungi. Seiring dengan ditetapkannya Mandalika sebagai KEK, pembangunan atribut pariwisata di wilayah pesisir memang sudah mulai terlihat. Jadi, kamu juga sudah bisa berwisata dengan nyaman di sini.


Dikarenakan masih baru, jangan kaget juga kalau kamu berkesempatan mengunjungi virgin beach, alias pantai yang belum tersentuh pembangunan wisata. Datang ke sini tidak hanya soal senang-senang saja. ZM girls juga bisa menikmati suasana healing yang mendamaikan hati di Mandalika.


Penghasil kain tenun yang cantik

Last but not least, ZM girls bisa melihat langsung proses penghasil kain tenun paling cantik di sini. Ada dua desa yang dekat dari Mandalika yang wajib kamu datangi, yaitu Desa Sukarara dan Desa Sade yang menjadi penghasil tenun Lombok yang sudah mendunia. Corak dan kualitasnya sangat bagus, cocok untuk dijadikan buah tangan.


Kain tenun ini masih dibuat dengan cara tradisional.Sebuah warisan budaya yang masih dilestarikan oleh pengrajin tenun asli dari Lombok. Saat berkunjung ke sini, ZM girls tidak hanya bisa berbelanja, tetapi juga mengikuti proses tenun tradisional ini yang akan menjadi pengalaman tak terlupakan.


Nah, buat ZM girls yang belum sempat berkunjung ke Mandalika, kamu bisa cek koleksi Jelita Indonesia dari ZMNow. Koleksi yang didominasi oleh berbagai unsur etnik dari berbagai daerah di Indonesia untuk pakaian dan hijab kamu. Dalam koleksi yang sama, ZM girls bisa menemukan edisi Mandalika yang dirancang dengan pesona yang atraktif.

Older Post Newer Post