6 Makanan Sehat yang Disebutkan Manfaatnya dalam Al-Qur'an

6 Makanan Sehat yang Disebutkan Manfaatnya dalam Al-Qur'an

Sebagai seorang Muslim, salah satu cara terbaik untuk menjalani hidup adalah dengan mengikuti Al-Qur'an dan Sunah, ZM girls. Mengkonsumsi makanan sehat yang disebutkan manfaatnya dalam Al-Qur'an tidak hanya berdampak positif terhadap kesehatan tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan iman dan ketaatan terhadap Allah SWT. Mari simak 6 makanan sehat yang pernah disebutkan dalam Al-Qur'an dan bermanfaat bagi tubuh berikut ini!


Kurma

Makanan sehat yang disebutkan manfaatnya dalam Al-Qur’an yang pertama adalah buah kurma. Dalam Al-Qur’an, terdapat surah Maryam ayat 25 yang berbunyi, “Goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.


Salah satu takjil wajib untuk dikonsumsi selama bulan Ramadan ini tidak hanya mempunyai rasa manis alami, tetapi juga kaya berbagai nutrisi. Kurma bermanfaat meningkatkan imun tubuh, menjaga jantung agar tetap sehat, mencegah penyakit mata, memperkuat tulang, hingga sebagai sumber energi. 


Buah tin

Di dalam Al-Qur'an, Allah SWT juga menyebutkan buah tin. Penyebutan tersebut tertulis dalam ayat pertama surat At-Tiin yang memiliki arti, “Demi (buah) Tin, dan (buah) Zaitun.” Buah tin sendiri mempunyai banyak keutamaan dan manfaat.


Diketahui bahwa di dalamnya terkandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, kalium, magnesium, tembaga, dan zat besi. Tidak hanya itu, buah lezat ini juga baik bagi kesehatan dan menjaga berat badan karena tinggi serat, sangat rendah kalori, tinggi serat, dan tidak mengandung lemak.


Ikan laut

Mengenai ikan, Allah berfirman dalam Surah An Nahl (16:40), “Dan Dialah yang menundukkan laut untuk kamu makan darinya daging yang lembut dan darinya mengambil perhiasan yang kamu pakai. Dan kamu melihat kapal-kapal berlayar di atasnya, dan [Dia menundukkannya] agar kamu mencari sebagian dari karunia-Nya; dan mungkin kamu akan bersyukur.” 


Ikan adalah salah satu makanan sehat di Bumi yang penuh dengan nutrisi penting bagi kesehatan, seperti protein dan Vitamin D. Ikan juga merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 yang sangat penting bagi tubuh dan otak.


Secara umum, semua jenis ikan baik untuk dikonsumsi. Namun, sejumlah jenis ikan yang diketahui mempunyai nutrisi lebih baik. Jenis ikan yang dimaksud adalah ikan berlemak, seperti salmon, sarden, dan tuna punya nutrisi berbasis lemak yang tinggi seperti vitamin D.


Susu

Allah SWT berbicara tentang susu dengan cara yang sangat menarik dan menggugah pikiran: “Dan sungguh! Pada ternak, ada pelajaran untukmu. Kami memberimu minum dari apa yang ada di perut mereka, dari antara ekskresi dan darah, susu murni; enak bagi yang meminumnya” (QS. An-Nahl, 66). 


Dalam Kitab Suci, susu juga merupakan manifestasi dari kebersihan, kesegaran, kebenaran dan simbol pemberi kehidupan serta revitalisasi. Baik susu maupun madu merupakan manifestasi kesuburan dan frekuensi pendarahan. Manfaat susu bagi kesehatan termasuk kesehatan tulang yang baik, kulit halus, sistem kekebalan tubuh yang kuat, hingga pencegahan penyakit seperti hipertensi.


Madu

Madu bermanfaat tidak hanya sebagai makanan, tapi juga untuk penyembuhan. Allah berfirman dalam surah An Nahl (16:69): “Maka makanlah dari buah-buahan dan ikutilah jalan-jalan Tuhanmu yang telah ditetapkan [untukmu]. Dari perutnya keluar minuman beraneka warna yang didalamnya terdapat obat bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.”


Madu terbukti membantu mencegah kanker dan penyakit jantung. Di dalamnya terkandung flavonoid, antioksidan yang mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung. Madu juga dapat membantu mengurangi bisul, gangguan pencernaan, serta dengan cepat berdifusi ke dalam darah sehingga memberikan sumber energi yang cepat.


Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu dari beberapa makanan yang tercantum dalam Al-Qur'an. "Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu, agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya."(surah Al Baqarah ayat 61).


Mengenai manfaat kesehatan, obat herbal ini disebut-sebut sebagai obat dari 70 macam penyakit. Hadis Ad-Dailami menyebut, "Makanlah bawang putih dan berobatlah (dengan menggunakan)-nya, karena sesungguhnya di dalamnya terkandung obat dari tujuh puluh macam penyakit."


Sementara hadist tersebut tidak secara rinci memberikan penjelasan tentang deretan penyakit yang bisa disembuhkan dengan bawang putih, tetapi sejumlah penelitian sudah membuktikan bahwa bawang putih memang ampuh mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan hingga berat.


Jadi, cobalah rutin mengonsumsi makanan sehat yang disebutkan manfaatnya dalam Al-Quran di atas, ya. Semoga bermanfaat!