7 Fakta Unik Indonesia dalam Rangka Momen Kemerdekaan

7 Fakta Unik Indonesia dalam Rangka Momen Kemerdekaan

Merdeka! Sudah 76 tahun Indonesia merdeka dari genggaman penjajah. Sejarah Indonesia yang begitu kental menjadikannya negara dengan beragam keunikan dan pesona indah. Sebagai warga negara Indonesia, apakah kita sudah cukup mengenal negara yang kita sebut sebagai Tanah Air ini? Mari simak 7 fakta unik Indonesia yang seru untuk dibahas bersama. 


Negara kepulauan terbesar

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari 17.499 pulau dengan rasio 70% air. Jadi, tidak heran kalau Indonesia disebut sebagai negara maritim. Fakta unik Indonesia yang tidak banyak diketahui oleh orang adalah Indonesia bukan hanya negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara, tetapi juga negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia memiliki luas wilayah sebesar 1.904.569 km2 dengan garis pantai sepanjang 54.716 km. Angka ini jauh melebihi negara-negara kepulauan lainnya seperti Madagaskar, Filipina, Jepang, dan Inggris. 


Indonesia punya suku, budaya, dan bahasa terbanyak

Tidak salah kalau menyebut Indonesia sebagai negara dengan penuh keberagaman. Lagipula, semboyan Indonesia adalah “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya “Berbeda-beda tetapi tetap satu.” Ternyata, di Indonesia setidaknya ada 749 bahasa. Bahkan, dalam satu daerah yang sama saja, logat bahasa yang digunakan bisa berbeda-beda. Saking banyaknya bahasa yang ada, sayangnya sejumlah bahasa daerah ini terancam punah, girls. 


Selain bahasa, Indonesia juga terkenal sebagai negara dengan suku dan budaya terbanyak. Melansir dari data BPS di tahun 2010, tercatat ada 1.340 suku dan 300 etnis di Indonesia. Coba deh bayangkan, banyaknya pakaian dan rumah adat, tarian tradisional, kuliner khas daerah, dan ritual tradisi yang tersebar di seluruh Indonesia. Benar-benar mengagumkan, girls!


Masuk dalam cincin api dunia

Indonesia ternyata masuk dalam cincin api dunia. Apa itu? Secara statistik, 75% gempa bumi dan letusan gunung api terjadi di kawasan cincin api dunia, salah satunya di Indonesia. Sekarang, terdapat sekitar 130 gunung api aktif di Indonesia. Jadi, Indonesia memang rentan terkena bencana alam. 


Sisi positifnya adalah tanah di sekitar gunung api jauh lebih subur dari tanah biasa. Itu juga sebabnya mengapa pertanian Indonesia begitu hebat. Terlepas dari itu semua, atraksi wisata gunung berapi seperti Gunung Bromo di Jawa Timur begitu memikat. Hal terpenting adalah kita semua selalu sigap mempersiapkan evakuasi sewaktu-waktu terjadi bencana alam, girls. 


Produsen kopi termahal di dunia

Kebiasaan minum kopi baik itu saat pagi, siang, sore, sampai malam hari sudah jadi tradisi di Indonesia. Mulai dari kopi sachet sampai kopi kekinian, semuanya ada di sini. Tetapi, apakah ZM girls tahu fakta unik Indonesia sebagai produsen kopi termahal di dunia? 


Kopi luwak digadang-gadang sebagai kopi termahal dan terbaik di dunia karena cita rasanya yang khas. Selain itu, proses produksinya juga sangat unik. Biji kopi diambil dari kotoran binatang musang yang makan buah-buahan. Nah, kamu sendiri sudah pernah coba kopi luwak belum?


Fakta unik soal ejaan angka di Bahasa Indonesia

Ini dia fakta unik Indonesia yang sangat jarang diketahui publik. Bahasa Indonesia tergolong salah satu bahasa yang sulit untuk dipelajari. Namun ternyata, ada sedikit trik unik dalam ejaan angka dalam bahasa tercinta kita ini. Coba sebut angka 1-10. Dua angka yang huruf depannya sama bila dijumlahkan akan menghasilkan angka 10. 


Susah percaya? Misalnya tiga dan tujuh yang sama-sama berawalan huruf T, jika dijumlahkan hasilnya adalah 10. Sama seperti satu dan sembilan. Aneh dan unik banget, kan?


Komodo hanya ditemui di Indonesia

Komodo yang disebut sebagai dinosaur terakhir yang ada di dunia ternyata hanya bisa ditemukan di Indonesia saja, tepatnya di Nusa Tenggara Timur. Komodo termasuk hewan langka yang tidak suka berpindah-pindah tempat, alias homebodies. Walaupun mereka punya kemampuan memangsa dan kekuatan fisik yang hebat, komodo tidak pernah berpindah rumah dari sejak populasinya ditemukan oleh penjelajah Belanda di tahun 1910. 


Hutan bakau terluas di dunia

Fakta unik Indonesia yang terakhir adalah negara yang memiliki hutan bakau terluas di dunia. Seperti yang kita tahu, hutan bakau dinilai sebagai upaya pencegahan abrasi tanah, penyimpan karbon, dan meningkatkan kualitas air. Banyak negara asing yang ingin membuat hutan bakau seperti yang ada di Indonesia. Luas hutan bakau di Tanah Air mencapai 4,5 juta hektar, atau mencakup 25% dari cakupan hutan bakau di dunia. 


Itu dia beberapa fakta unik Indonesia. Menarik sekali, bukan? Dalam semangat kemerdekaan kali ini, ayo cek koleksi terbaru dari ZMNow untuk menemani berbagai aktivitas kamu!