Ketombe dan Rambut Rontok? Lakukan 7 Cara Merawat Rambut Berhijab

Ketombe dan Rambut Rontok? Lakukan 7 Cara Merawat Rambut Berhijab

Bagaimana cara merawat rambut berhijab yang benar, ya? Pertanyaan seperti ini pasti pernah singgah di pikiran para ZM girls. Mungkin kamu juga pernah mengalami beberapa masalah rambut yang kerap muncul pada perempuan berhijab, seperti ketombe dan rambut rontok yang jelas buat siapa saja merasa stress. Tidak perlu khawatir lagi, berikut tips dan cara merawat rambut berhijab untuk membantu kamu!


Pilih shampo sesuai jenis rambut

Agar rambut selalu dalam kondisi sehat, pastikan kamu memilih shampo yang sesuai dengan jenis rambut. Sebagai contoh, untuk kamu yang punya jenis rambut berminyak dan cenderung mudah lepek, pilih shampo yang mampu mengangkat minyak dan berlebih.


Jangan pernah menggunakan shampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut. Misalnya, menggunakan shampo untuk rambut kering, padahal kamu memiliki jenis rambut berminyak. Hasilnya, rambutmu justru akan semakin mudah lepek dan mudah berketombe. Jadi, pastikan pilih shampo yang sesuai, ya! 


Keringkan rambut secara total sebelum pakai hijab

Salah satu penyebab masalah rambut berhijab adalah sering mengenakan hijab sebelum rambut kering total. Rambut yang belum kering sempurna dan kemudian tertutup hijab akan menjadi lepek dan bau. Terlebih jika rambut basah diikat dengan karet rambut. Lama-kelamaan, akar rambut akan rapuh dan rusak, lho!


Jika memang sedang terburu-buru, kamu bisa menggunakan pengering rambut. Namun ingat, jangan menahan pengering terlalu dekat dengan akar rambut. Beri jarak setidaknya 15 cm agar rambut tidak mudah rapuh. Gunakan pengering rambut dengan setelan paling rendah dan bertahap ke setelan tertinggi. 


Jangan mengikat rambut terlalu erat

Bagi kamu yang punya rambut panjang, tentu harus menata rambut sedemikian rupa agar tetap tertutup hijab. Biasanya untuk menyiasati rambut yang terlalu panjang, rambut diikat dengan karet rambut atau scrunchie 


Namun, terkadang tanpa sadar kamu mengikat rambut terlalu erat agar tampilan hijab tetap rapi. Sayangnya, kebiasaan seperti ini bisa menimbulkan masalah rambut seperti rambut rontok dan ketombe. Untuk itu, sebaiknya longgarkan ikatan rambut kamu. Jika khawatir rambut keluar dari hijab, kamu bisa menggunakan hijab inner.


Ambil sehari seminggu untuk membiarkan rambut beristirahat

Ternyata, bukan hanya kamu yang butuh istirahat, rambutmu pun perlu istirahat. Waktu istirahat rambut tidak perlu lama-lama, kok. Dalam satu minggu, kamu bisa ambil waktu satu hari untuk mengistirahatkan rambut.


Urai rambut dengan tetap memakai jilbab yang longgar. Jika kamu mencuci rambut, keringkan dengan metode alami. Buka jendela untuk menjemur rambut selama beberapa menit di matahari pagi. Agar rambut semakin sehat, kamu bisa menggunakan masker rambut yang sesuai dengan jenis rambut sehabis keramas.


Hindari keramas dengan air panas

Untuk mencegah ketombe dan rambut rontok pada rambut berhijab, sebaiknya kamu menghindari keramas dengan air panas. Ini dikarenakan air panas lebih mudah menghilangkan minyak alami pada rambut. Padahal, kekurangan minyak alami bisa membuat rambut menjadi kering dan mudah patah.


Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan air dingin saat mencuci rambut. Air dingin bisa membantu meratakan folikel rambut sehingga akar rambut pun lebih kuat dan sehat. Namun, pastikan air yang kamu gunakan tidak terlalu dingin, ya.


Potong ujung rambut setiap 3-4 bulan sekali

Cara merawat rambut berhijab berikutnya adalah rutin memotong (trimming) ujung rambut setiap 3-4 bulan sekali. Memotong ujung rambut akan mencegah risiko terjadinya rambut bercabang dan mudah patah. Bagian yang dipotong tidak perlu terlalu panjang, cukup bagian ujung saja. Lakukan dengan hati-hati agar rambut tetap terlihat rata.


Pilih bahan hijab yang membebaskan rambut untuk bernapas

Pemilihan hijab ternyata juga memengaruhi kesehatan rambut dan kulit kepala, lho. Hijab dengan bahan tertentu cenderung tidak memiliki pori-pori yang cukup, sehingga rambut kesulitan untuk bernafas.


Untuk itu, sebaiknya pilihlah bahan hijab yang membebaskan rambut untuk bernafas, seperti koleksi hijab Jelita Indonesia dari ZMnow. Seluruh hijab di koleksi Jelita Indonesia menggunakan bahan yang nyaman dikenakan dan membebaskan rambutmu bernafas dengan motif indah khas alam Indonesia.


Demikian tips dan cara merawat rambut berhijab. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut, ya. Jangan lupa juga untuk memilih hijab yang nyaman bagi rambut seperti koleksi hijab Jelita Indonesia dari ZMnow.