Tidak Takut Hijab Bau Apek, Walaupun Musim Hujan

Tidak Takut Hijab Bau Apek, Walaupun Musim Hujan

ZM girls, menjelang akhir tahun ini kita sudah pasti memasuki musim penghujan. Hujan yang hampir setiap hari turun membuat kegiatan mencuci dan menjemur pakaian menjadi lebih sulit. Jika tidak dicuci dan dijemur dengan benar, pakaian cenderung menjadi bau dan apek. Hijab, merupakan salah satu item pakaian yang tidak luput dari masalah ini. Hijab yang memiliki bau apek tentunya membuat kita malas untuk mengenakannya. Jadi, di saat musim hujan ini ZM girls harus cerdas untuk merawat koleksi hijab dan pakaian agar terhindar dari bau apek. 


Selain memilih pakaian, memilih jenis bahan hijab yang tepat juga merupakan perhatian khusus saat musim hujan tiba. Ada beberapa tips menarik untuk menghindari hijab bau apek, spesial untuk kamu nih ZM girls


  • Memilih Deterjen Yang Tepat

Saat musim hujan seperti ini, pemilihan deterjen untuk mencuci pakaian kita juga harus diperhatikan. Pilihlah deterjen yang memiliki teknologi wangi tahan lama dan dapat membunuh kuman. Jika ZM girls pernah merasa gatal-gatal di tangan sehabis mencuci, ini bisa terjadi karena deterjen yang tidak tepat. Jadi, untuk kesehatan kulitmu juga, jangan sampai salah memilih deterjen ya, ZM girls.


  • Menggunakan Pewangi Pakaian

Setelah deterjen, penggunaan pewangi pakaian juga mampu membantu hijab kamu tidak mudah bau apek. Pewangi pakaian juga dapat menyerap bau dan membuat hijab ZM girls terasa lebih ringan dan halus.


  • Cara Mencuci

Cara pencucian hijab juga harus diperhatikan lho ZM girls. Hijab memiliki bahan dan serat yang variatif sehingga teknik  pencuciannya pun juga berbeda-beda. Jika ingin mencuci hijab, khususnya untuk bahan satin dan sutra, usahakan ZM girls mencucinya dengan menggunakan tangan saja ya. Cara ini dapat membuat hijab ZM girls lebih bersih, tidak mudah rusak, dan wangi. Namun, jika ZM girls ingin mencucinya dengan mesin cuci, disarankan untuk merendamnya terlebih dahulu dalam larutan deterjen untuk mengangkat kotoran yang menempel di hijab kamu.




  • Proses Penjemuran Yang Tepat

Setelah dicuci bersih, saatnya hijab dijemur. Pada musim hujan ini memang membuat proses penjemuran pakaian sedikit terhambat. ZM girls harus pintar-pintar nih untuk memilih waktu yang tepat menjemur pakaian agar dapat kering sempurna. Jika menjemur di luar ruangan, usahakan di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari ya ZM girls, agar warna hijab kamu tetap awet. Jika hujan, solusinya kamu dapat menggunakan pengering pakaian yang ada di mesin cuci. Jika sudah setengah kering, jemur hijab di tempat yang terang dan terdapat angin. Jangan lupa untuk memberi jarak saat menjemur hijab, agar hijab kamu cepat kering.


  • Tidak Menumpuk Hijab

Terkadang setelah dijemur, kita malas untuk langsung melipat pakaian dan langsung menumpuknya begitu saja. Ternyata cara ini juga dapat membuat hijab kamu bau apek walaupun sudah dicuci lho ZM girls. Jangan menumpuk hijab kamu terlalu lama ya. Hijab atau pakaian yang lainnya setelah dicuci, akan lebih baik untuk langsung disetrika dan ditempatkan di lemari pakaian.


  • Tidak Menyetrika Saat Hijab Dalam Keadaan Lembab

Karena musim hujan, terkadang hijab kita tidak kering sempurna. Akhirnya kita memilih untuk langsung menyetrikanya agar hijab cepat kering dan langsung bisa dikenakan. Namun ternyata cara ini salah ZM girls. Menyetrika dengan suhu yang rendah sekalipun ke hijab yang masih lembab membuat hijab kamu lepek dan akan bau apek setelahnya. Jadi sebelum menyetrika, pastikan hijab kamu sudah benar-benar kering ya.


  • Menggunakan Pengharum Pakaian atau Kamper

Saat hijab sudah dimasukkan ke dalam lemari, ZM girls dapat menggunakan pengharum pakaian atau kamper agar membuat wangi hijab tetap awet. Penggunaan  pengharum pakaian atau kamper juga dapat menghalau serangga masuk ke dalam lemari kamu.


Itu dia tips dan trik agar hijab kamu tidak bau apek di saat musim hujan seperti ini. Perlu diingat, kita juga tidak boleh mengeluh ketika hujan turun karena hujan adalah berkah dari Allah SWT yang memiliki banyak manfaat. Terakhir, ZM girls juga  dapat menggunakan hijab yang memiliki teknologi wangi dan water splash agar terhindar dari hijab bau apek saat musim hujan. Berbagai hijab segi empat yang memiliki kedua teknologi ini dapat kamu temukan di website ZMNow.id, semoga bermanfaat ZM girls!