3 Puasa Sebelum Idul Adha dan Keutamaannya bagi Umat Islam

3 Puasa Sebelum Idul Adha dan Keutamaannya bagi Umat Islam

Apa saja puasa sebelum Idul Adha? Jelang Idul Adha ada beberapa ibadah sunnah yang bisa dilakukan untuk menambah pahala. Bagi mereka yang sedang berhaji, ibadah tersebut di antaranya adalah wukuf di Padang Arafah, mabit atau bermalam di Muzdalifah, hingga melontar jumrah aqabah.

Lalu, bagaimana dengan yang tidak sedang menjalankan ibadah haji? Tenang saja, masih ada beberapa ibadah sunnah yang bisa dilakukan. Ibadah tersebut berupa puasa sunnah sebelum Idul Adha. Ada tiga puasa sunnah yang bisa ZM girls kerjakan sebelum Idul Adha. Yuk, cari tahu detailnya di sini!


Puasa Dzulhijjah

Puasa pertama sebelum Idul Adha adalah puasa Dzulhijjah. Mengapa disebut puasa Dzulhijjah? Puasa ini hanya bisa dikerjakan di bulan Dzulhijjah (bulan terakhir dalam kalender Hijriyah). Lalu, kapan tepatnya puasa Dzulhijjah ini bisa dikerjakan?

Puasa Dzulhijjah dilakukan selama satu minggu di awal bulan Dzulhijjah, yang artinya mulai dari tanggal 1 hingga 7 Dzulhijjah. Untuk tata caranya sendiri tidak jauh berbeda dengan ibadah puasa sunnah lainnya.

Awali puasa dengan melakukan sunnah sebelum waktu subuh tiba. Setelah subuh tiba, kamu wajib menjauhkan diri dari segala hal yang dapat membatalkan puasa dan menahan hawa nafsu hingga nanti matahari tenggelam.

Untuk niat puasa Dzulhijjah sendiri berbunyi, “Nawaitu shouma syahri dzil-hijjah sunnatan lillahi ta’ala.” Niat tersebut memiliki arti yaitu, “Saya niat puasa sunnah di bulan Dzulhijjah karena Allah ta’ala.”


Puasa Tarwiyah

Berikutnya ada Puasa Tarwiyah. Sama seperti puasa Dzulhijjah, puasa sunnah ini pun hanya bisa dikerjakan di bulan Dzulhijjah menjelang Idul Adha tiba. Untuk waktu pelaksanaannya sendiri jatuh tepat setelah puasa Dzulhijjah berakhir, yaitu di tanggal 8 Dzulhijjah.

Tata cara puasa Tarwiyah sendiri tidak berbeda dengan puasa sunnah lainnya. Titik perbedaannya hanya terletak pada waktu pelaksanaan dan niat yang diucapkan. Niat puasa tarwiyah diucapkan dalam hati sebelum waktu subuh tiba.

Ada pun bunyi niat puasa Tarwiyah adalah, “Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala.” Niat tersebut memiliki arti, “Saya berniat puasa sunnah Tarwiyah karena Allah ta’ala.” Jangan lupa, niat puasa Tarwiyah tidak perlu diucapkan secara lisan, girls.


Puasa Arafah

Terakhir, ada puasa Arafah. ZM girls tentu sudah pernah dengar tentang ibadah puasa sunnah yang satu ini. Seperti namanya, puasa Arafah adalah ibadah puasa yang dilakukan oleh para calon haji saat sedang wukuf di Padang Arafah. Untuk pelaksanaannya sendiri, puasa Arafah dikerjakan pada tanggal 9 Dzulhijjah alias tepat satu hari sebelum Idul Adha tiba.

Apakah puasa Arafah boleh dikerjakan oleh mereka yang sedang tidak pergi haji? Jawabannya boleh, justru sangat dianjurkan. Puasa sebelum Idul Adha yang satu ini sangat dianjurkan bagi umat Islam yang tidak pergi haji. Meski bernama puasa Arafah, kamu tidak harus pergi ke Padang Arafah untuk menjalankan ibadah tersebut, kok!

Untuk tata caranya pun masih sama dengan puasa lainnya, menahan haus dan lapar serta hawa nafsu lainnya, mulai dari terbit hingga tenggelam matahari. Hanya saja, niat puasa Arafah sedikit berbeda. Bunyi niat puasa Arafah adalah, “Nawaitu shouma Arafata sunnatan lillahi ta’ala.” Niat tersebut berarti, “Saya berniat puasa sunnah Arafah karena Allah ta’ala.”


Keutamaan puasa sebelum Idul Adha

Menjalankan ibadah puasa sunnah tentu memiliki keutamaan. Begitu pun dengan puasa yang dikerjakan sebelum Idul Adha tiba. Ada beberapa keutamaan yang telah dijelaskan melalui hadits tentang puasa sunnah tersebut.

Dalam HR. Abu Daud no. 2438, At Tirmidzi no. 757, Ibnu Majah no. 1727, dan Ahmad no. 1968, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa tidak ada amal saleh yang lebih dicintai Allah melebih amal saleh yang dilakukan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Masya Allah.

Puasa sunnah memang tidak harus dikerjakan seperti puasa wajib. Meski begitu, ada banyak pahala dan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah SWT jika umat-Nya menjalankan ibadah sunnah, termasuk puasa sunnah sebelum Idul Adha. Dengan mengharap ridho-Nya, ZM girls jangan lupa untuk menjalankan puasa sebelum Idul Adha sambil ditemani oleh koleksi pakaian muslim dari ZMNow yang cantik dan sangat nyaman!