5 Tips Beli Baju Online Anti Gagal dan Pasti Puas

5 Tips Beli Baju Online Anti Gagal dan Pasti Puas

Siapa di sini yang hobi beli baju online? Selain karena mudah, harganya yang lebih murah plus promo-promo menarik membuat belanja baju online jadi lebih seru. Terutama di tengah kondisi yang kurang kondusif, kamu bisa tetap berbelanja walau di rumah. Kamu tidak usah takut baju tidak pas atau tidak sesuai ekspektasi, lho. Ikuti saja 5 tips beli baju online berikut ini. 


Lihat detail pakaian

Pastinya hal pertama yang menarik perhatian kamu saat membeli baju online adalah foto produk yang bagus. Eits, tunggu dulu girls. Jangan asal langsung masukkan baju tersebut ke keranjang belanja kamu! Biar tidak menyesal apalagi ditipu oleh penjual abal-abal, sebaiknya kamu baca dulu deskripsi produk yang disediakan oleh penjual. 


Penjual yang baik dan amanah akan mencantumkan detail produk dengan jelas. Apa saja yang harus kamu baca? Pertama adalah detail ukuran baju. Cek kembali produk pakaian ini termasuk jenis yang all size (bisa muat untuk berbagai ukuran tubuh) atau ada keterangan ukuran yang harus diperhatikan. 


Kedua, kamu perhatikan juga bahan pakaiannya. Apakah halus, adem, dan nyaman dipakai? Ketiga dan yang tidak kalah penting adalah warna baju tersebut. Cek adakah pilihan warna lainnya. Biasanya, penjual akan meminta pembeli untuk menuliskan keterangan warna baju yang dibeli saat checkout barang. 


Beli langsung di toko resmi

Sama seperti saat beli baju di pusat perbelanjaan, jelas akan lebih nyaman untuk beli baju di toko resmi atau toko dengan reputasi yang baik. Nah, ketika kamu mau beli baju online, beli saja di toko resminya. Dengan begitu, kamu bisa yakin 100% kalau baju yang kamu beli itu benar-benar asli dengan kualitas yang bagus. 


Harganya juga pas, alias tidak akan dilebih-lebihkan oleh penjual. Tidak jarang juga toko resmi mengadakan promo tambahan dan bonus kepada para pembeli setianya. Jika kamu tertarik, coba cek lagi apakah produk favorit kamu punya toko resminya di e-commerce tempat kamu berbelanja, ya. 


Cek ulasan dan rating toko

Kembali lagi membahas reputasi toko, tidak bisa dipungkiri kalau beli baju online itu cukup berisiko. Ini karena kamu tidak bisa langsung menyentuh dan mencoba baju yang akan dibeli. Belum lagi kalau kamu kena tipu oleh penjual yang tidak bertanggung jawab, atau jika barangnya rusak saat dalam proses pengiriman. 


Karena itu, sebelum membeli baju online, scroll lagi ke bawah untuk melihat ulasan dan rating toko. Sebaiknya, kamu berbelanja di toko dengan rating 4,5 ke atas. Nah, setiap barang yang dijual di satu toko juga punya ulasan tersendiri. Jadi, baca lagi ulasan dari para pembeli sebelumnya. Jika tersedia, lihat juga foto-foto produk yang di-upload oleh pembeli supaya kamu semakin yakin dengan kualitas barang. 


Panduan mengukur pakaian wanita

Satu kesalahan yang paling umum ketika membeli baju online adalah malas mengukur tubuh untuk mencocokkannya dengan baju yang ingin dibeli. Ketika barang sudah sampai, ternyata bajunya kebesaran atau kekecilan. Bagaimana kalau penjual tidak menyediakan layanan pengembalian barang? Jadinya kamu merugi, deh. 


Supaya hal ini tidak menimpa kamu, ayo pelajari cara mengukur pakaian wanita di bawah ini:

  • Lingkar dada: lilitkan tali pengukur ke bagian dada yang paling maju ke depan. Biarkan tali pengukur sedikit longgar supaya baju yang dibeli tidak terlalu sempit di bagian dada. Pastikan tali pengukur dalam posisi garis lurus di sekitar punggung, bawah ketiak, dan depan dada.
  • Lingkar pinggang: lilitkan tali pengukur ke bagian perut yang paling kecil. Jangan menahan napas, biarkan perut rileks. Pastikan kembali tali pengukur dalam posisi garis lurus. Untuk lingkar pinggul, lakukan hal yang sama pada bagian perut yang paling lebar. 
  • Inseam: ukuran ini perlu saat membeli celana online. Ambil tali pengukur dan bentangkan dari pangkal paha atas sampai ke pergelangan kaki. 

Bingung? Tanyakan pada seller

Jika ada hal yang membuat kamu bingung seperti kejelasan ukuran baju, detail warna, dan kondisi stok barang, jangan malu untuk bertanya. Tinggal tekan tombol chat dan kamu pun akan langsung terhubung ke penjual. Gunakan bahasa yang sopan, lalu tunggu sampai penjual membalas chat kamu. Ingat, sebaiknya kamu tidak terburu-buru membeli barang jika masih ada pertanyaan yang belum dijawab oleh penjual, ya. 


Itulah beberapa tips beli baju online dengan aman, mudah, dan anti gagal. Jadi, kamu tidak perlu keluar rumah untuk membeli baju baru. Apalagi ZM akan mengadakan Super Brand Day di Lazada pada tanggal 27 Agustus 2021, nih! Kamu bisa membeli berbagai koleksi pakaian wanita muslim yang cantik dengan kualitas baik, tentunya dengan promo spesial dan harga terjangkau. Yuk, nantikan promo besar-besaran dari ZM di Lazada!