Manfaat Baik Traveling Yang Dijelaskan Dalam A-Quran

Manfaat Baik Traveling Yang Dijelaskan Dalam A-Quran

Traveling atau melakukan perjalanan jauh ke seluruh penjuru negeri merupakan salah satu hobi yang menyenangkan. Traveling mampu menjadi sarana pelepas penat untuk ZM girls yang sedang bekerja, maupun yang sedang menempuh pendidikan. Selain untuk melepas lelah dan menghabiskan waktu liburan, traveling juga bermanfaat untuk kesehatan pikiran dan menambah pola pikir kita menjadi lebih baik. Tak ketinggalan, Islam juga menganjurkan kita untuk bepergian agar mendapatkan banyak manfaat. 


Al-Quran memiliki banyak ayat yang menjelaskan tentang traveling. Salah satunya dalam QS. Al-Mulk ayat 15 yang memiliki arti, “Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.”


Berbagai ayat tentang traveling di Al-Quran ini, memiliki tujuan agar kita senantiasa bersyukur atas limpahan rezeki di bumi ini. Dengan niat yang baik, traveling dalam Islam memiliki berbagai manfaat, yaitu:

1. Membangun hubungan dengan orang lain

Dengan bepergian ke berbagai tempat, ZM girls dapat bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki latar belakang, adat istiadat, dan budaya yang berbeda. Hal ini dapat memberikan kita pengalaman baru dan meningkatkan pikiran kita. Dalam Islam tentunya dianjurkan agar kita membangun hubungan baik atau bersilaturahmi kepada banyak orang. Allah berfirman dalam Alquran:

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kalian dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, serta menjadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kalian saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kalian di sisi Allah ialah orang yang paling takwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal." (QS al-Hujurat [49]: 13)

2. Merubah pola pikir menjadi lebih baik

Ketika kita melakukan rutinitas bekerja atau menempuh pendidikan, kita cenderung bosan dan sulit mendapatkan inspirasi. Traveling merupakan kegiatan yang berbeda dari rutinitas sehari-hari ini. Dengan bepergian jauh ini, ZM girls dapat lebih membuka mata dengan melihat keadaan suatu tempat dengan lebih nyata. Sehingga, dapat merubah pola pikir kita menjadi lebih tenang, mendapat sudut pandang baru, dan memberikan inspirasi serta ide-ide baru untuk kegiatan atau rutinitas selanjutnya yang akan kita lakukan. 

3. Mengabulkan permohonan doa

Saat traveling atau bepergian jauh, ZM girls dapat dikatakan sebagai seorang musafir. Tentu dalam perjalanan ini tak lupa kita memanjatkan doa kepada Allah SWT agar diberikan perlindungan dan kelancaran selama di perjalanan. Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang berdoa dan meminta pertolongan. Allah SWT juga tidak akan meninggalkan hamba-Nya yang terus berdoa dan meminta. Jika ZM girls berdoa, doa seorang musafir yang sedang dalam perjalanan itu tidak akan pernah ditolak oleh Allah SWT.

4. Melawan rasa takut

Dalam kehidupan ini, ada berbagai hal yang kita takuti. Padahal, terkadang kita takut kepada suatu hal yang seharusnya tidak perlu kita takuti. Untuk mengatasi rasa ini, ZM girls dapat melakukan traveling agar keluar dari zona nyaman, mengurangi rasa takut, dan mampu lebih menikmati keindahan dunia. 

5. Dapat melihat keindahan bumi

Siang dan malam, laut dan pegunungan, serta bumi dan seisinya, merupakan keindahan dari  ciptaan Allah SWT yang dapat kita nikmati. Allah berfirman dalam Al-Quran:

"Berjalanlah di (muka) bumi, maka perhatikanlah bagaimana Allah menciptakan (manusia) dari permulaannya, kemudian Allah menjadikannya sekali lagi. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu." (Al 'Ankabut ayat 20).

Hampir di seluruh penjuru dunia juga terdapat kebesaran Islam yang menakjubkan seperti salah satunya masjid yang dibangun dari reruntuhan gereja di Athena. Jadi, dengan traveling, ZM girls dapat menjadi saksi atas bukti kebesaran Islam di dunia dan juga melihat keindahan bumi ciptaan Allah, sehingga menimbulkan rasa syukur yang luar biasa untuk diri kita.

6. Dapat berburu pahala

Dengan niat baik mengharapkan ridho Allah SWT, traveling juga bisa menjadi sarana untuk berburu pahala. Contohnya saat kita melakukan sedekah kepada orang lain yang lebih membutuhkan di tengah kita melakukan traveling, memberikan bantuan kepada orang lain, tidak putus zikir dan doa selama perjalanan, dan tidak melewatkan sholat sunah, tentunya akan menambah pahala kita saat di perjalanan.


Dengan traveling yang membawa banyak manfaat ini, ZM girls dapat memiliki rasa syukur yang tidak terhingga. Jadi, jika kamu memiliki kesempatan, jangan lupa menyempatkan waktu untuk traveling demi kebaikan diri kamu ya, ZM girls!