Romansa Khatulistiwa, Kecantikan Puspa Khas Indonesia

Romansa Khatulistiwa, Kecantikan Puspa Khas Indonesia

Kekayaan flora Indonesia yang begitu beragam memang tak diragukan lagi. Sebagai negara yang berada di garis khatulistiwa, Indonesia memiliki berbagai macam flora dan juga fauna khas yang jarang ditemukan di tempat lain. 

Tanah yang subur dan iklim tropis di Indonesia membuat berbagai tanaman endemik khas Indonesia bisa kamu temukan dari Sabang hingga Merauke. Maka tak ayal, bila Presiden Soeharto melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No 4 Tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional, menjadikan tiga jenis bunga yang mewakili identitas bangsa Indonesia, yakni bunga melati sebagai Puspa Bangsa, anggrek bulan sebagai Puspa Pesona, dan bunga padma raksasa (rafflesia arnoldii) sebagai Puspa Langka.

Dari beragam keunikan flora di Indonesia inilah yang menjadi inspirasi Koleksi Romansa Khatulistiwa. Dari sekian banyak jenis bunga khas Indonesia yang terdapat dalam koleksi ini, artikel ini hanya akan menjelaskan 6 bunga cantik yang menjadi inspirasi koleksi ZM.

Bunga apa sajakah yang telah menginspirasi Koleksi Romansa Khatulistiwa dari ZM by Zaskia Mecca? Berikut ini penjelasannya.

1. Asoka

    Bunga Asoka (Ixora coccinea) merupakan salah satu tanaman hias yang sering menghiasi halaman rumah karena keelokan bunga dan daunnya. Daunnya berwarna hijau mengilap, serta bunga yang mungil dan berwarna-warni yang cerah.
    Nama asoka berasal dari Bahasa Sansekerta yang berarti bebas dari kesedihan, sehingga orang-orang zaman dahulu menanam bunga ini di halaman agar siapapun yang melihatnya akan merasa lebih bahagia.

    Terinspirasi dari bunga asoka, ZM by Zaskia Mecca menghadirkan Edisi Bunga Asoka yang terdiri dari dress gamis, hijab motif, blouse, tunik, hingga rok dengan beragam pilihan warna yang menawan.

    2. Simpur

    Selain Geopark Belitung, salah satu yang menjadi khas di Kepulauan Bangka Belitung adalah daun dan bunga simpur. Tanaman ini begitu erat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Bangka Belitung, karena sering digunakan untuk pembungkus makanan, pengobatan, bahkan dipercaya untuk mengusir hewan buas.

    Koleksi Romansa Khatulistiwa Edisi Bunga Simpur terinspirasi dari tanaman khas Kepulauan Bangka Belitung yang melambangkan kebijaksanaan dan keharmonisan.

    3. Kemuning

    Bunga kemuning kerap ditemukan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Namun tahukah kamu, bahwa bunga kemuning tak hanya dikenal karena aromanya yang harum dan menyegarkan, namun juga memiliki banyak manfaat dan juga memiliki makna yang baik. 

    Bunga ini merupakan lambang kebaikan dan kesucian, sehingga sering digunakan dalam upacara pernikahan di Yogyakarta. Dari kecantikan dan makna yang baik dari bunga ini memberikan inspirasi Edisi Bunga Kemuning untuk memberikan kesan cantik kepada pemakainya.

    4. Kembang Sepatu

    Kembang sepatu atau yang lebih dikenal sebagai hibiscus memiliki nilai estetik dari bentuknya yang unik dan warnanya yang cerah. Tak hanya itu, bunga ini juga digunakan sebagai pewarna makanan, kosmetik, teh, dan juga obat.

    Kembang sepatu memiliki makna sebagai bunga yang feminim, sehingga bunga ini melambangkan kemurnian, kecantikan, serta keanggunan seorang wanita. Inilah yang menginspirasi Edisi Kembang Sepatu untuk menghadirkan koleksi busana muslim yang dapat menunjukkan sisi anggun dan feminim dari seorang wanita.

    5. Bunga Melati

    Bunga melati merupakan puspa bangsa yang mewakili karakter bangsa Indonesia karena bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian. Di negara kita yang terkenal sebagai negara pluralis, puspa bangsa melambangkan bangsa Indonesia yang menghormati keberagaman dan bersatu dalam persaudaraan.

    Diadaptasi dari makna dan filosofi bunga melati, lahirlah Edisi Melati dengan koleksi busana yang menampilkan keanggunan dan kesederhanaan seorang wanita.

    6. Rafflesia Arnoldi

    Terinspirasi dari Puspa Langka Indonesia yakni Rafflesia Arnoldii atau bunga padma raksasa, Edisi Raflesia Arnoldii menghadirkan koleksi dress gamis, blouse, tunik, dan hijab motif. 

    Bunga raflesia arnoldi direpresentasikan sebagai seorang dengan kecantikan yang misterius, namun memiliki kepercayaan diri serta passionate. Dalam koleksi ini, ZM by Zaskia Mecca ingin mengajak agar setiap wanita berani untuk mengejar passion-nya dengan embrace keunikan di dalam dirinya.


    Ragam kekayaan flora khas Indonesia ini menjadi inspirasi ZM by Zaskia Mecca untuk menghadirkan koleksi Romansa Khatulistiwa melalui motifnya yang indah. Tertarik untuk memiliki koleksi dress cantik dan hijab motif dari Romansa Khatulistiwa? Yuk, kunjungi zmnow.id! Mulai dari hijab, blouse harian, tunik, dress, ootd harian hingga ootd kondangan hijab bisa kamu pilih untuk lengkapi koleksi busana muslim kamu.