Senyum, Ekspresi Penuh Manfaat

Senyum, Ekspresi Penuh Manfaat

Senyum, adalah salah satu ekspresi dengan menarik sudut bibir ke atas tanpa suara yang dapat kita tampilkan dengan mudah di wajah kita. Dengan tersenyum, dapat membuat ZM girls merasa lebih bahagia. Senyum juga dapat membangun hubungan baik dengan orang lain. Dalam Islam, Rasulullah SAW adalah pribadi yang mampu menjadi contoh karena sosoknya yang selalu ceria dan murah senyum. Dalam hadits riwayat At-Tirmidzi disebutkan bahwa Aisyah ra. mengatakan, "Aku tidak pernah melihat seseorang yang paling banyak senyumannya selain Rasulullah." (HR. At-Tirmidzi)


Senyum juga merupakan sedekah yang paling mudah dan murah. Dari Abu Dzar ra. dia berkata, Rasulullah SAW mengatakan, "Senyummu di hadapan saudaramu adalah (bernilai) sedekah bagimu" (HR. Tirmidzi).  Senyum memiliki arti dan kekuatan yang besar, bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga orang lain. Senyum juga memiliki banyak manfaat diri kita lho ZM girls, yaitu: 


  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ketika ZM girls tersenyum, imun tubuh akan otomatis meningkat sehingga dapat membuat tubuh menjadi rileks. Dengan imun yang naik, ZM girls dapat terhindar dari berbagai penyakit yang datang dikala musim hujan ini, seperti batuk dan flu. Dikutip dari Klik Dokter, ketika tersenyum, kita melepaskan neurotransmitter tertentu yang menyebabkan rileks dan meningkatkan daya tahan tubuh.


  • Membantu Agar Tetap Positif

Banyak orang merasakan manfaat ini ketika tersenyum. Dengan senyum, ZM girls dapat mengurangi pikiran negatif, overthinking, stress, depresi dan khawatir, sehingga juga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Peneliti dari University of Kansas merilis hasil penelitian pada laman Huffingtonpost, ketika orang tersenyum dengan lepas, maka akan menurunkan denyut tekanan jantung yang merupakan salah satu penyebab stress atau overthinking. 


  • Riasan Alami

Tanpa make-up berlebihan, senyum dapat dijadikan riasan alami untuk wajah ZM girls. Daripada memperlihatkan raut muka jutek, marah, atau cemberut, ZM girls dapat memperlihatkan senyum tulus agar menambah kesan menarik dan mencuri perhatian.


  • Melepaskan Endorfin

Selain dihasilkan dari kegiatan berolahraga, endorfin juga dapat dihasilkan saat ZM girls tersenyum dan tertawa. Saat senyum, endorfin dalam tubuh kita akan terlepas dan mendorong rasa senang. Dengan keluarnya endorfin ini, tubuh kita juga akan merasa lebih baik dan merasa sehat. Ron Gutman menuliskan dalam Smile: The Astonishing Powers of A Simple Act bahwa satu kali tersenyum tingkat stimulasi otak sama dengan 2.000 batang coklat.


  • Mendorong Orang Lain Berbuat Baik

Rata-rata ketika kita tersenyum kepada orang lain, kita akan mendapatkan balasan yang sama. Saat orang lain tersenyum melihat kita tersenyum, secara tidak langsung kita mengajak orang lain untuk melakukan salah satu hal yang baik dalam Islam. Jika kita ingin mendapat senyuman dari seseorang, kita juga bisa memulainya terlebih dahulu.


  • Meningkatkan Kepercayaan Diri

Tak jarang saat kita gugup, kita akan diarahkan untuk tarik nafas dan tersenyum agar mampu lebih percaya diri. Sikap percaya diri adalah salah satu sikap yang penting dalam Islam. Jika ZM girls saat ini adalah orang yang suka bertegur sapa sambil tersenyum, ZM girls merupakan cerminan muslimah yang percaya diri.


  • Membuat Wajah Awet Muda

Saat lebih sering tersenyum, kita melepaskan beban sehingga hati menjadi lebih bahagia. Jika ZM girls bahagia, aura positif pun semakin terpancar. Tersenyum dengan mengangkat mimik wajah dapat melatih otot-otot wajah agar lebih kencang dan kenyal sehingga wajah akan terlihat lebih awet muda dan kencang. Dikutip kembali dari Klikdokter, penelitian bahkan menyebutkan bahwa seseorang yang tersenyum terlihat 2 tahun lebih muda dari usianya. Jadi daripada cemberut dan terlihat lebih tua, ZM girls harus lebih sering tersenyum ya


Itulah manfaat senyum yang sangat istimewa. Senyum adalah ekspresi yang disukai Allah SWT dan Rasulullah, maka dari itu mulai saat ini ZM girls harus memulai kebiasaan untuk lebih sering tersenyum, ya. Tersenyumlah dengan tulus, agar diri kita mendapatkan manfaat baiknya.