Tetap Nyaman Menggunakan Pakaian Muslim Saat Olahraga

Tetap Nyaman Menggunakan Pakaian Muslim Saat Olahraga

ZM girls, di tengah pandemi COVID-19 saat ini kita diharuskan untuk mampu menjaga kesehatan diri kita. Berbagai cara dilakukan seperti tetap di rumah saja, minum vitamin, sampai berolahraga. Olahraga menimbulkan efek positif bagi fisik dan jiwa kita. Dengan berolahraga, kita mampu mencegah berbagai penyakit, mendapat pikiran yang lebih tenang, fisik yang semakin kuat, dan berbagai manfaat positif lainnya. Islam sendiri lebih menyukai umatnya yang kuat daripada yang lemah. 


“Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih Allah cintai daripada mukmin yang lemah.“ (HR. Muslim)


Sebagai perempuan muslim, hijab bukan jadi penghalang untuk kita bisa berolahraga. ZM girls pastinya juga harus cermat untuk menggunakan pakaian yang cocok saat berolahraga, alias pakaian yang tetap menutup aurat kita. Seperti yang disampaikan oleh Imam Masjid Besar Istiqlal, Almarhum Prof. Dr. Ali Mustafa Yaqub, setidaknya terdapat empat prinsip berpakaian dalam Islam, yaitu menutup aurat, tidak ketat, tidak transparan, dan tidak menyerupai lawan jenis. 


Jadi, untuk berolahraga sebenarnya kita boleh menggunakan pakaian dengan style apapun selama pakaian tersebut nyaman saat kita pakai dan sesuai dengan empat prinsip tadi. Memilih pakaian muslim untuk berolahraga terkadang menjadi suatu hal yang tricky. ZM girls sampai saat ini masih susah juga tidak sih dalam memilih pakaian muslim untuk berolahraga yang nyaman tapi sesuai juga dengan syariat islam? ada sedikit tips memilih pakaian olahraga nih untuk ZM girls.

1. Memilih ukuran pakaian yang lebih longgar

Sebagai muslim, tentunya kita tidak boleh memperlihatkan lekuk tubuh kita. Alih-alih menggunakan desain ketat, ZM girls dapat menggunakan ukuran atau desain pakaian yang longgar. Desain longgar atau loose ini juga akan memudahkan ZM girls untuk bergerak lebih leluasa dan tidak merasa risih.

2. Memilih pakaian olahraga yang menyerap keringat

Saat olahraga pastinya tubuh akan mengeluarkan keringat yang berlebih. Maka dari itu, jangan lupa untuk memilih bahan pakaian yang mudah menyerap keringat ya ZM girls seperti bahan spandek dan quick dry. Pakaian yang mengandung polypropylene juga disarankan untuk digunakan karena bahan ini membuat keringat cepat menguap, sehingga badan kita tidak mudah basah akibat keringat saat berolahraga. 

3. Memilih material stretch untuk pakaian olahraga

Dalam menjalani olahraga seperti lari, renang, yoga dan sebagainya, ZM girls disarankan untuk menggunakan pakaian yang memiliki material ringan dan stretch agar memudahkan ZM girls untuk bergerak saat berolahraga. Jadi walaupun memilih ukuran longgar agar tidak ketat, perhatikan juga material stretch ini ya.

4. Memilih pakaian yang memiliki fitur antimikroba

Fitur atau material antimikroba ini dapat berguna untuk menghilangkan bakteri dari keringat yang muncul saat berolahraga. Material ini juga bermanfaat untuk tetap membuat ZM girls nyaman, ringan, dan tidak khawatir akan bau badan, lho.

5. Memilih model pakaian yang disukai

Model pakaian paling simpel untuk para perempuan berhijab biasanya merupakan gabungan dari sweatshirt lengan panjang dan celana training. ZM girls juga bisa memakai kaos lengan panjang yang dipadukan dengan celana legging dan rok pendek untuk kesan feminim. Referensi lainnya yaitu pemakaian sweatshirt yang longgar atau loose dan jaket windbreaker dengan celana jogger. Ada juga model yang biasanya dipakai para remaja untuk berolahraga yaitu gabungan manset dan kaos lengan pendek dengan bahan yang ringan. Terakhir, di tengah musim hujan saat ini, ZM girls bisa menggunakan sweater atau hoodie berbahan ringan dipadukan dengan celana training atau celana jogger. Untuk hijabnya, ZM girls dapat menggunakan bergo atau kerudung segi empat yang diatur sesuai kenyamanan ZM girls. Ada beberapa pakaian muslim yang sudah satu set dengan hijabnya sehingga lebih memudahkan kita. ZM girls juga bisa lho memilih warna yang disukai agar menambah kesan estetik dan membuat kita semakin semangat berolahraga.


Memilih dan menggunakan pakaian yang tepat akan membantu ZM girls untuk merasakan berolahraga dengan nyaman. Dari tips di atas, faktor kenyamanan tetap yang paling utama ya ZM girls. Jika menggunakan pakaian olahraga tertentu membuat kita tidak nyaman saat melakukan olahraga yang kita sukai, lebih baik jangan diteruskan. Pilih lah terlebih dahulu pakaian olahraga yang nyaman. Semoga tips di atas dapat membantu ZM girls untuk memilih pakaian yang tepat dan sesuai jika ZM girls ingin berolahraga ya. Semangat dan jangan malas berolahraga, ZM girls!