Tips dan Trik Memakai Hijab Dengan Kacamata

Tips dan Trik Memakai Hijab Dengan Kacamata

ZM girls, memakai hijab merupakan salah satu kewajiban kita sebagai seorang perempuan muslim. Semakin berkembangnya waktu, saat ini tren hijab diiringi dengan pemakaian aksesoris lainnya, seperti kacamata. Kacamata biasa digunakan untuk menunjang ZM girls yang memiliki mata minus. Tapi tak jarang, pasti ada juga ZM girls yang menggunakan kacamata sebagai kebutuhan style untuk menambah modis dan daya tarik. Untuk para perempuan berhijab, memang harus lebih cermat nih, untuk mengatur bagaimana kacamata yang kita gunakan dapat menunjang penampilan berhijab kita, dan pastinya nyaman saat dikenakan. Tapi, pernah nggak sih ZM girls kesulitan untuk mengatur gaya kacamata dengan hijab yang digunakan? tidak usah bingung lagi, berikut tips memakai hijab untuk ZM girls yang berkacamata.

1. Jangan menggunakan ciput yang terlalu ketat

Ciput yang terlalu ketat terkadang menyulitkan tangkai kacamata kesayangan ZM girls untuk dapat diletakkan di atas daun telinga. Ciput yang terlalu ketat juga dapat membuat ZM girls pusing atau sakit karena kepala kita juga ikut tertekan dengan tangkai kacamata. Untuk menghindari hal ini, ZM girls dapat memperhatikan bahan ciput atau inner yang biasa ZM girls gunakan. Pilihlah bahan yang ciput yang nyaman, longgar, dan mudah diatur seperti bahan jersey atau rayon super.

2. Menggunakan jarum pentul dengan posisi yang tepat

Selain penggunaan peniti, penggunaan jarum pentul juga banyak dilakukan oleh perempuan berhijab. Jika ZM girls sedang menggunakan kacamata saat berhijab, usahakan hanya menempatkan jarum pentul di bawah dagu dan tidak menempatkannya di sisi kanan kiri kepala ya ZM girls. Penggunaan jarum pentul di kedua sisi kepala ini terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman dan membahayakan saat ZM girls akan melepas kacamata.

3. Tidak menggunakan aksesoris berlebihan

Kacamata merupakan salah satu aksesoris saat menggunakan hijab. ZM girls disarankan banget nih, untuk menghindari penggunaan aksesoris yang berlebihan di hijab saat ZM girls sudah menggunakan kacamata. Penambahan aksesoris ini dihindari karena dapat menimbulkan kesan full pada wajah ZM girls. 

4. Pilih tangkai kacamata yang sesuai

Tangkai kacamata adalah bagian yang bersentuhan langsung dengan kulit kepala dan daun telinga kita. Demi kenyamanan, penting untuk dapat memilih tangkai kacamata yang tepat. ZM girls dapat menggunakan tangkai kacamata yang terbuat dari plastik yang anti karat dan jangan terlalu tipis. Karena material tangkai kacamata yang tipis dan terbuat dari besi, terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit di kepala. 

5. Pilih kacamata dengan frame warna netral

Untuk ZM girls yang memang memiliki mata minus dan sering menggunakan kacamata untuk aktivitas sehari-hari, disarankan banget nih punya kacamata dengan frame warna netral. ZM girls bisa menggunakan warna hitam, coklat, atau putih. Dengan frame warna netral ini, ZM girls akan lebih mudah memadukan dengan berbagai warna atau motif hijab kesukaan ZM girls. Jika ZM girls memilih kacamata dengan frame warna terang atau bermotif, akan membuat ZM girls lebih sulit dan tricky untuk menggunakan hijab bermotif. 

6. Menyesuaikan bentuk frame kacamata dengan wajah

Hayo, siapa disini ZM girls yang mudah teracuni sama frame kacamata yang dipakai influencer? saat udah beli, eh ternyata frame kacamatanya tidak cocok dengan bentuk wajah kita, sayang banget kan. ZM girls harus dapat menyeimbangkan ukuran frame kacamata dengan wajah nih. Jadi, jangan sampai kekecilan atau kebesaran. ZM Girls juga harus tahu, apakah bentuk wajah ZM girls oval, diamond, bundar, kotak, atau hati.

  • Wajah Oval

Bentuk wajah ini paling beruntung karena dapat menggunakan frame kacamata apapun, seperti frame bundar, kotak, dan sebagainya.

  • Wajah diamond

Kalau ZM girls punya bentuk wajah ini, kamu bisa memilih frame kacamata vintage atau cat style ya.

  • Wajah bundar

Jika ZM girls memiliki bentuk wajah ini, ZM girls dapat menggunakan frame kacamata kotak dan bold untuk menambah ilusi wajah tegas.

  • Wajah kotak

Kacamata bentuk bulat atau curved cocok banget lho buat ZM girls yang memiliki bentuk wajah ini.

  • Wajah hati

Jika ZM girls memiliki bentuk wajah hati, hindari untuk memakai kacamata dengan frame tebal ya. ZM girls dapat memilih frame kacamata berbentuk bundar atau tipis.

7. Menentukan cara dan posisi kacamata

Tips terakhir tentunya memilih posisi kacamata yang kita inginkan. Jika sedang menggunakan inner atau ciput dan hijab yang nyaman, ZM girls bisa menggunakan kacamata di bawah lapisan ciput dan hijab. Jika ZM girls masih merasa kurang nyaman, ZM girls dapat mengaitkan tangkai kacamata di antara lapisan ciput dan hijab. Namun, jika ZM girls sering merasa pusing karena tertekan tangkai kacamata, ZM girls bisa menggunakan kacamata ini di luar lapisan ciput dan hijab.


Nah, itu dia tips untuk ZM girls yang berhijab dan menggunakan kacamata. Tips ini juga pastinya harus didukung dengan pemakaian hijab yang nyaman dan tidak mengganggu aktivitas ZM girls. Jadi, tidak usah bingung dan pusing lagi ya untuk memadukan antara kacamata dan hijab kita. Selamat mencoba, ZM girls!