5 Amalan Yang Bisa Dilakukan Saat Hujan

5 Amalan Yang Bisa Dilakukan Saat Hujan

ZM girls, kita sudah mulai memasuki bulan September, nih. Biasanya, kalau sudah memasuki akhir tahun ini, suka ada si ‘air’ dan ‘dingin’ yang datang tiba-tiba untuk menemani kita. Apa tuh? 

Ya, hujan. Hujan merupakan salah satu tanda kebesaran Allah SWT dan rahmat-Nya yang harus kita syukuri. Tertulis di Al-Quran, "Dan Dialah yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji." (QS Asy-Syuura: 28). 

Oleh karena itu, diharapkan kita dapat bersyukur dan menunaikan amalan saat hujan. Berikut amalan yang disunnahkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam saat turun hujan:

1. Berdoa sebagai rasa syukur

Mengucap syukur dapat mendekatkan diri kita ke Allah SWT. Ucapan syukur juga dapat diartikan sebagai doa agar keberkahan dapat bertambah. Seperti diriwayatkan Aisyah radhiyallahu 'anha, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan 'Allahumma shoyyiban nafi'an" yang artinya: Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat. (HR. Bukhari).

2. Tidak mencela hujan

Padahal sudah rapi, siap berangkat ke suatu acara, atau sedang menyelenggarakan acara, eh tiba-tiba hujan. Siapa ZM girls yang terkadang masih marah dan mencela hujan saat keadaan kaya gini? mulai sekarang, jangan ya. Perbuatan mencela ini merupakan perbuatan terlarang. Berdasarkan hadist Rasulullah yang berkata, "Janganlah kamu mencaci maki angin." Yang artinya, mencaci maki makhluk yang tidak bisa berbuat apa-apa, termasuk hujan. Perbuatan mencela ini juga merupakan salah satu larangan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, Berdasarkan Quran Surat Qaaf (50:18) "tidak suatu ucapanpun yang diucapkan melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir." Jadi daripada mencela saat hujan turun, yuk bersabar dan berdoa yang baik-baik.

3. Berdoa di saat waktu mustajab

Berbicara soal berdoa, ZM girls sudah tahu belum nih, kalau hujan merupakan waktu mustajab untuk berdoa.  Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni menjelaskan seperti diriwayatkan oleh Nabi SAW, "Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan, yakni pada saat bertemunya dua pasukan, menjelang shalat dilaksanakan, dan saat hujan turun." Rasulullah SAW juga bersabda, "Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun." (HR. Al-Hakim). Jadi ZM girls, saat hujan turun, manfaatkanlah waktu sebaik mungkin untuk berdoa bagi diri kita dan orang lain. 

4. Mengambil Berkah

Hujan yang Allah turunkan memiliki banyak manfaat untuk setiap makhluk ciptaan-Nya. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengambil berkah saat turunnya hujan dengan menyikap baju sehingga dibasahi air hujan. Diceritakan dari Anas bin Malik ra, dia berkata, "Kami pernah kehujanan bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu Rasulullah menyingkap bajunya hingga terguyur hujan. Kemudian kami mengatakan 'Wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan demikian?' Kemudian, Rasulullah bersabda 'Karena hujan ini baru saja Allah ciptakan.’ MasyaAllah, dari cerita ini sudah dapat dibuktikan, bahwa hujan adalah rahmat dari Allah untuk para ciptaan-Nya.

5. Berdoa ketika hujan sudah selesai

Setelah berdoa selama hujan turun, terkadang kita lupa berdoa kembali ketika hujan sudah selesai. Padahal, ini juga merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT karena sudah diturunkan hujan yang begitu bermanfaat lho, ZM girls. Tidak lupa, berhentinya hujan juga merupakan sebuah rahmat dari Allah SWT. Rasulullah saw bersabda, "Pada pagi hari, di antara hambaku ada yang beriman kepadaku, dan ada yang kafir. Siapa yang mengatakan 'Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih' (kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), maka dia lah yang beriman kepadaku dan kufur terhadap bintang-bintang."

Nah, itu dia amalan yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW selama hujan turun. ZM girls, jangan kesal lagi ya ketika hujan turun tiba-tiba. Yuk, manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk tetap bersyukur dan berdoa di saat salah satu tanda kebesaran Allah SWT itu turun. Tetap berhati-hati dan selalu jaga kesehatan, ZM girls!