5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Menurut Ajaran Islam

5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Menurut Ajaran Islam

Topik kesehatan mental ini memang cukup sensitif untuk dibicarakan, apalagi bila dikaitkan dengan agama. Namun, sejatinya agama Islam benar-benar agama yang indah karena sangat peduli akan kondisi jiwa dan raga para umat Allah SWT. Dalam Islam, dipercayai bahwa mental dan fisik yang baik sangat diperlukan agar kita semua bisa beribadah dengan khusyu. 


Tanpa kondisi mental yang kuat, bagaimana kita bisa memperoleh rahmat Allah dan memancarkan nilai-nilai Islam? Karena itulah, Islam mengajarkan bahwa sebaiknya ada kemaslahatan agama dan dunia. Berikut ini ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental yang sesuai dengan ajaran Islam, yang juga sejalan dengan penerapan maqashid al-khamsah. 


  • Bicara pada Allah
  • Apapun yang dipikul sendirian, pasti akan terasa berat sekali. Semua manusia punya batas akhir yang berbeda. Jika kamu merasa kesulitan dalam hidup, entah itu karena urusan pribadi maupun pekerjaan, maka Allah bisa menjadi tempat hati kita bersandar. Ingatlah bahwa Allah SWT memiliki kuasa mutlak atas segala hal yang ada di muka Bumi, termasuk kehidupan kita. 


    Dengan memiliki iman, kepasrahan, dan juga karakter, inshallah kita bisa melalui rintangan yang ada. Berdoa kepada Allah untuk mengutarakan kegundahan hati, meminta pengampunan, dan mengucap syukur. Sesuai dengan surat Ar Rad ayat 28, “Alladziina aamanuu watathmainnu qulubuhum bi dzikrillaahi alaa bi dzikrillaahi tathmainnul quluubu.” Artinya, senantiasa mengingat Allah akan membawa ketenangan dalam hati. 


  • Berbagi dengan sesama bisa meringankan beban hati
  • Kamu pastinya pernah dengar yang namanya retail therapy, kan? Retail therapy ini adalah sebuah konsep bahwa berbelanja bisa mengubah rasa sedih jadi rasa bahagia, walau efeknya hanya sesaat. Tidak ada salahnya memang untuk berbelanja, namun kalau terlalu sering, malah akan memperburuk kesehatan mental kita akibat keuangan yang menipis. Bagaimana jika kamu pun membarenginya dengan bersedekah kepada sesama? 


    HR Bukhari sempat menyampaikan hadits bahwa Allah sangat mencintai umat-Nya yang beramal terus menerus meski hanya sedikit. Dengan mengulurkan bantuan pada sesama, baik itu dalam bentuk tindakan maupun uang, alangkah bahagianya hati ini ketika melihat kebahagiaan yang kita bagikan. Inilah yang bisa perlahan-lahan meringankan beban yang ada di hati kamu. 


  • Lawan hawa nafsu dengan kegiatan positif
  • Kesehatan mental yang tidak terjaga bisa menjerumuskan kita ke jurang maksiat, lho. Dalam beberapa kasus, orang yang mengalami depresi mencari ketenangan dengan cara-cara yang salah, seperti berzina, konsumsi obat-obat terlarang, miras, dan lain sebagainya. Masih belum terlambat untuk kembali ke jalan yang benar. 


    Hawa nafsu ini bisa dilawan dengan melakukan kegiatan yang positif. Salah satu contoh utamanya adalah konsultasi ke psikolog untuk benar-benar mencari akar dari masalah yang mengganggu mental kamu. Kemudian, hobi dan kegiatan produktif juga bisa membantu kamu untuk kembali teringat dengan tujuan hidup yang positif.


  • Perhatikan kesehatan finansial
  • Hifdzu al-maal merupakan bagian dari maqashid al-khamsah, artinya menjaga harta. Sudah terbukti bahwa kondisi finansial mengambil peran penting dalam kesehatan mental kita. Banyak sekali kasus di mana orang-orang mengalami fase terpuruk dalam hidup mereka karena faktor ekonom. 


    Nah, karenanya sebagai umat Islam, kita juga tidak boleh lalai dalam belajar terus-menerus soal keuangan. Ketahui cara untuk berhemat dan bagaimana tips untuk menjaga finansial tetap dalam taraf sehat. Inshallah, finansial yang membaik dapat memenuhi kebutuhan primer sampai sekunder kita. 


  • Teladani gaya hidup Nabi
  • Kita beruntung sekali punya tauladan yang mengajarkan kita cara-cara untuk hidup dengan sehat dan bahagia. Nabi Muhammad SAW seumur hidupnya hanya pernah sakit 2 kali, yaitu saat diracuni dan saat menjelang kematian. Sang Nabi memiliki gaya hidup yang sehat dari segi fisik dan mental. Tidak ada salahnya untuk menjaga kesehatan mental kita dengan mengikuti Sang Nabi, seperti tidak begadang (tidur yang cukup), mengontrol amarah, menjaga pola makan sehat, berolahraga, dan bersosialisasi. 


    Itu dia beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental kita menurut pandangan Islam. Semuanya harus datang dari dalam hati. Jika ada kemauan, maka kita pun bisa membuat mental kita jadi lebih kuat. Memperbaharui citra diri kita menjadi lebih positif juga bisa menjadi caranya. Nah, kamu bisa melihat-lihat koleksi pakaian muslim dari ZMNow yang tidak hanya cantik, tetapi juga nyaman.