5 Kegiatan Sederhana untuk Menghargai Jasa Pahlawan Saat HUT RI

5 Kegiatan Sederhana untuk Menghargai Jasa Pahlawan Saat HUT RI

Tidak terasa HUT RI yang ke-76 sudah di depan mata. Apakah kamu sudah mempersiapkan rencana kegiatan di hari kemerdekaan Indonesia? Tidak masalah kalau belum karena ZMNow mau bagi-bagi ide kegiatan sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah, nih. Tidak hanya seru, tetapi tentunya juga bermanfaat dan menjadi bentuk untuk menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan. 


Ikut merasakan euforia HUT RI

Hari kemerdekaan Indonesia sudah sepatutnya dirayakan dengan meriah. Berkat jasa para pejuang kemerdekaan, kita semua bisa hidup bebas dari jeratan para penjajah. Nah, untuk menghargai jasa para pahlawan, sederhana saja, kok! ZM girls bisa mengapresiasi jasa pahlawan dengan ikut perayaan HUT RI secara antusias. 


Jika dulu saat di sekolah kita wajib ikut upacara bendera, sekarang kita bisa di rumah saja sambil menonton khidmatnya Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang disiarkan langsung dari Istana Merdeka. Setelah menonton upacara bendera, waktunya seru-seruan juga dengan teman dan keluarga lewat acara lomba 17 Agustusan. Walau sekarang lebih aman untuk di rumah saja, kemeriahan HUT RI tetap bisa dirasakan secara virtual, girls.


Meresapi dan menjalankan nilai Pancasila

Masih ingat dengan kelima Pancasila? Jangan sampai lupa, girls, karena Pancasila adalah nilai-nilai kehidupan yang harus selalu kita pegang teguh sebagai warga negara yang baik. Seperti dalam sila pertama yang mengingatkan kita untuk selalu ingat akan agama kita masing-masing, di mana sila kedua mengajarkan bahwa kita semua punya hak dan kewajiban yang setara. 


Begitu pula di sila-sila seterusnya yang menuntun kita untuk saling hidup bermasyarakat dengan saling bersatu dan menghormati. Dalam perayaan HUT RI kali ini, marilah kita ingat kembali bagaimana para pemuda bangsa di zamannya berusaha penuh untuk menyusun Pancasila ini. 


Punya jiwa yang besar

Ternyata saling memaafkan dan melapangkan dada tidak hanya dilakukan saat Idul Fitri saja, lho. Momen HUT RI juga menjadi momen sempurna bagi kita semua untuk mencontoh sikap para pahlawan kemerdekaan, bagaimana mereka punya jiwa yang besar untuk mengorbankan hidup mereka demi kepentingan bersama. 


Tidak lupa juga soal membesarkan pintu maaf ketika Indonesia memilih berdamai dengan masa lalu demi merangkai masa depan yang lebih cerah. Sungguh menginspirasi, ya? Karena itu, ZM girls juga harus memiliki jiwa yang besar bagi orang lain dan juga diri kamu sendiri. 


Lihatlah ke depan kaca, sayangi dirimu dan maafkan segala kekurangan diri. Rendahkan hati untuk meminta maaf kepada orang-orang di sekitarmu, sekaligus memberikan maaf. Jangan lupa pula untuk mengulurkan tangan kepada yang membutuhkan, selama kamu punya kemampuan untuk membantu mereka, girls. 


Belajar sejarah perjuangan pahlawan kemerdekaan

Belajar sejarah tidak harus dilakukan di bangku sekolah saja, kok. Kamu pun bisa mengisi waktu luang dengan kembali mengulang pelajaran sejarah dengan cara yang lebih seru. Di tengah pandemi ini, kamu bisa mengunjungi museum-museum di Indonesia secara virtual. Pengalaman yang seru dengan segudang pengetahuan baru yang bisa kamu dapatkan, nih. Baca kembali cerita perjuangan para pahlawan, kisah di balik tugu atau monumen bersejarah, serta budaya Indonesia yang sungguh beragam. 


Dijamin, kamu akan tertular dengan sikap pantang menyerah dari para pahlawan dan menemukan apresiasi yang lebih hebat terhadap Tanah Air kita ini. Selain dari museum, kamu juga bisa menonton film pahlawan Indonesia, film dokumenter, dan membaca buku. 


Mencintai Tanah Air

Satu hal yang bisa kita pelajari dari para pahlawan Indonesia adalah rasa cinta dan loyalitas mereka terhadap Tanah Air yang begitu besar. Bayangkan saja, mereka menghabiskan energi, waktu, keringat, dan darah demi kepentingan negara. Beruntung bagi kita semua karena kita tidak perlu terjun ke medan perang, sekarang Indonesia sudah sepenuhnya milik kita bersama. 


Dari sini, sudah sepatutnya kita merasakan cinta yang sama besarnya terhadap negara Indonesia. Sudahkah kamu begitu, girls? Cara mencintai Indonesia sangatlah mudah, taat pada peraturan yang ada, menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama, dan menggunakan produk dalam negeri. 


Nah, salah satu produk dalam negeri dengan mutu yang bagus dan harga terjangkau adalah ZMNow. Koleksi pakaian muslim dari ZMNow terbuat dari material yang halus, kuat, dan tidak mudah luntur. Di perayaan HUT RI kali ini, kamu bisa cek koleksi terbaru ZMNow yang siap melengkapi penampilan cantikmu setiap hari.