Shopping Cart

5 MUSEUM ISLAM PALING TERKENAL DI DUNIA

Posted by zmnow Admin on
5 MUSEUM ISLAM PALING TERKENAL DI DUNIA

Dalam perkembangan serta sepak terjang peradabannya, Islam meninggalkan banyak jejak, salah satunya karya seni seperti kaligrafi dan keramik. yang kini tersimpan dan tersebar dalam museum Islam di berbagai negara di dunia.

Namun ternyata, museum peninggalan islam yang paling lengkap dan indah, tak hanya berada di negara mayoritas muslim. berikut tim zmnow.id merangkum 5 museum Islam paling terkenal di seluruh dunia.

1. MUSEUM AGA KHAN, KANADA

Museum Aga Khan Toronto Kanada, menjadi salah satu galeri seni terbesar dan pertama yang didedikasikan untuk menampung karya seni Islam di kawasan Amerika Utara. didominasi warna putih sebagai warna utama, museum ini bibangun dengan total luas 6.8 hektar.


Sebagai daya dukungnya, museum ini menyimpan peninggalan Al-Qur’an kuno dari Afrika Utara yang dibuat sejak abad ke-10. selain itu, juga ada manuskrip Al-Qur’an Surat An-Naba dari Iran, yang ditulis pada abad ke-8.

Tak hanya itu, di Museum Aga Khan ini juga terdapat berbagai peninggalan peradaban Islam kuno lainnya. seperti artefak kerjaan Islam timur tengah, perkakas sehari-hari seperti mangkuk, piring, lonceng yang terbuat dari perunggu dan perak yang dihiasi kaligrafi cantik

2. ISLAMIC MUSEUM OF AUSTRALIA

Museum Islam pertama di Australia ini, dibuka di kawasan Thornbury, sekitar 7 kilometer dari pusat kota Melbourne Victoria. Museum ini memperkenalkan Islam melalui seni, sejarah, budaya, dan kisah-kisah keseharian umat muslim di Australia. pengagas dari museum islam di Australia ini, adalah seorang mantan pekerja sebuah bank swasta di Australia, Moustafa Fahour.

 

TOPKAPI MUSEUM, TURKI

Istana Topkapi dibangun tahun 1470, pada masa Sultan Mehmet dari Dinasti Usmaniyah. pada 1924, Istana ini diubah fungsi menjadi museum, atas permintaan bapak bangsa Turki yakni Mustafa Kemal Ataturk.

Koleksi paling penting dan bersejarah disimpan dalam ruang bernama Pavilion Of Holy Mantle dan Holy Relics. barang utama di sini adalah jubah atau mantel Nabi Muhammad SAW. selain itu, ada pula cetakan tapak kaki Nabi Muhammad, surat-surat, panah dan pedangnya.

3. MUSEUM SENI ISLAM, QATAR

Museum ini terletak di tepi Pelabuhan Doha, tepatnya di ujung selatan Teluk Doha. Museum ini mempunyai arsitektur yang menawan dengan luas sekitar 45.000 meter persegi. Museum ini dibangun oleh arsitek berkebangsaan amerika serikat kelahiran China, Ieoh Min Pei, Ia adalah arsitek jenius yang juga merancang piramida kaca museum louvre di Paris, Prancis.

Di dalamnya, kita dapat melihat koleksi-koleksi seperti artefak, keramik, kaligrafi, tekstil, dan masih banyak lagi. koleksi tersebut didapatkan dari berbagai negera seperti Mesir, Turki, Iran, Irak, India, dan negara-negara lainnya.

4. BAYT AL QURAN & MUSEUM ISTIQLAL, INDONESIA

Tak kalah dengan mancanegara, Indonesia pun memiliki Museum Islam yang terkenal hingga penjuru dunia, yaitu Bayt Al Quran & Museum Istiqlal, Jakarta. karya-karya unggulan para ulama dan intelektual muslim nusantara sejak abad ke-17 sampai ke-20 yang bernilai historis, dapat disaksikan disini. warisan budaya lainnya berupa Mushaf, Manuskrip Al-Qur'an, arsitektur, seni rupa Islami juga tersimpan di Bayt Al-Qur'an dan Museum Istiqlal ini.

Museum ini terkenal sebagai Museum Al-Qur’an terbaik, karena menyimpan berbagai peninggalan Mushaf Al-Qur’an bersejarah dari masa ke masa.

ZM girls,  semoga berbagai karya peninggalan Islam tersebut, dapat meningkatkan rasa cinta kita kepada Agama Islam, serta dapat menjadikan kita muslim yang tak melupakan sejarah. Aamiin Yaa Robbal ‘Alamiin

Older Post Newer Post