5 Sunnah Nabi yang Paling Mudah untuk Kamu Lakukan

5 Sunnah Nabi yang Paling Mudah untuk Kamu Lakukan

Sunnah nabi adalah perilaku, ucapan, dan persetujuan Rasulullah SAW. Menjalankan sunnah yang dikerjakan oleh Rasulullah SAW memiliki banyak keutamaan, seperti dijauhkan dari siksa api neraka dan dimudahkan dalam urusan dunia.

Sunnah nabi tidak melulu berhubungan dengan ibadah wajib. Justru sebaliknya, ada banyak sekali sunnah nabi yang berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari. Ini dia beberapa sunnah dari Rasulullah SAW yang mudah dikerjakan.


Gosok gigi dengan siwak

Siwak adalah ranting pohon arak (Salvadora persica). Pohon arak adalah tanaman yang umum ditemukan di daerah kering seperti Timur Tengah. Pada zaman Nabi dahulu, siwak digunakan untuk membersihkan gigi. Tradisi bersiwak bahkan masih bisa ditemukan hingga saat ini di negara-negara Timur Tengah dan sebagian Afrika.


Anjuran untuk bersiwak seringkali muncul dalam hadits nabi. Salah satunya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari no. 887 dan Muslim no. 452. Dalam hadits tersebut, Rasulullah bersabda bahwa, “Seandainya tidak memberatkan umatku—atau tidak memberatkan manusia—aku pasti memerintahkan mereka untuk bersiwak sebelum setiap kali salat.”


Wudhu sebelum tidur

Berikutnya ada wudhu sebelum tidur. Wudhu adalah kegiatan bersuci dengan membilas beberapa bagian tubuh dengan air bersih. Bagian-bagian yang dibilas di antaranya adalah tangan, lengan, wajah, kepala (rambut), telinga, mulut, hingga kaki.


Sunnah untuk berwudhu sebelum tidur ini juga telah disebutkan dalam hadits Rasulullah. Hadits tersebut berbunyi, ”Jika kamu mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhulah seperti wudhu untuk salat. Lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu.” (HR. Bukhari no. 247 dan Muslim no. 210).


Kebiasaan seperti ini sangat baik untuk dilakukan. Dengan berwudhu sebelum tidur, maka otomatis tubuh pun akan terbilas air bersih. Kotoran yang menempel pada kaki dan lengan pun terangkat sebelum kamu pergi tidur, girls.


Senyum dan mengucap salam kepada sesama

ZM girls tentu pernah mendengar ungkapan, “senyum itu sedekah.” Ternyata, ungkapan tersebut bukan hanya kata-kata manis saja. Rasulullah SAW bahkan menganjurkan umat Islam untuk lebih sering tersenyum dan mengucap salam kepada sesamanya.


Rasulullah bersabda, “Janganlah meremehkan kebaikan sedikitpun juga walau engkau bertemu saudaramu dengan wajah berseri.” (HR. Muslim no. 2626). Hadits tersebut menjelaskan bahwa tersenyum dengan wajah berseri merupakan kebaikan yang tidak boleh diremehkan dan sebaiknya selalu diamalkan.


Tidak begadang setelah salat Isya

Siapa yang suka begadang? Sebaiknya, mulai sekarang kebiasaan tersebut dikurangi, deh. Salah satu sunnah nabi adalah anjuran untuk tidak begadang setelah salat Isya.


Dari Aisyah RA diketahui bahwa Rasulullah SAW biasa tidur pada awal malam dan kemudian bangun kembali di akhir malam. Kebiasaan tersebut lalu dilanjutkan dengan salat malam (HR. Bukhari no. 1146 dan Muslim no. 739).


Kebiasaan tersebut dilakukan Rasulullah SAW agar tidak luput menjalankan salat malam di akhir malam. Begadang akan menyebabkan seseorang kurang tidur dan kesulitan bangun di sepertiga malam. Maka dari itu, Rasulullah membenci kebiasaan begadang, terutama jika begadang tanpa ada keperluan penting.


Doa saat memakai baju baru 

Sunnah yang dilakukan oleh nabi benar-benar dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari, termasuk saat kamu memakai baju baru, lho. Hal ini membuktikan bahwa amalan tidak harus selalu berhubungan dengan ibadah salat, puasa atau haji. Menjalankan kehidupan sehari-hari sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW pun ternyata bisa mendatangkan pahala.


Rasulullah SAW mengajarkan pada umat Islam untuk selalu berdoa sebelum memakai baju baru. Doa tersebut berbunyi, “Allahumma lakal hamdu anta kasawtaniihi. As-aluka min khoirihi wa khoiri maa shuni’a lah, wa a’udzu bika min syarrihi wa syarri maa shuni’a lah.”


Doa tersebut menunjukkan rasa syukur serta mengharapkan agar kebaikan datang dari pakaian baru tersebut. Selain itu, doa ini juga memohon pertolongan Allah SWT agar dijauhkan dari kejahatan. Jadi girls, sebelum mengenakan outfit baru dari ZMNow, jangan lupa untuk selalu mengucapkan doa ini agar kebaikan selalu menyertai setiap langkahmu!


Ternyata, sunnah tidak selalu berhubungan dengan ibadah wajib. Jika dipelajari dengan seksama, justru banyak sunnah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari ya, ZM girls. Mulai dari sekarang, mari bersama-sama kita terapkan anjuran nabi seperti yang sudah dijelaskan di atas. Semoga kita semua selalu berada di jalan yang benar dan sesuai sunnah Nabi. Aamiin.