Shopping Cart

5 Tanaman Khas Indonesia yang Cantik, Bermanfaat, dan Langka

Posted by Zaskia Mecca on
5 Tanaman Khas Indonesia yang Cantik, Bermanfaat, dan Langka

Indonesia begitu kaya dengan flora dan fauna yang selalu membuat kita berdecak kagum. Tentunya ini dikarenakan tanah yang subur serta iklim yang mendukung di Tanah Air. Sekiranya ada 5 tanaman khas Indonesia yang terkenal dengan keindahan dan manfaatnya. Mari kita simak penjelasannya berikut ini. 


Cendana

Jenis kayu cendana memiliki kualitas yang baik, bahkan masuk ke dalam kategori kayu mewah. Namun, tanaman khas Indonesia yang satu ini ternyata punya manfaat yang sangat lengkap. Dari akar sampai batangnya bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Tahukah kamu kalau minyak cendana sering banget dijadikan komponen utama dalam pembuatan parfum? Parfum mewah yang dipakai oleh kalangan selebritis dunia pun tidak jarang mengandung minyak cendana ini. 


Cendana merupakan flora identitas Nusa Tenggara Timur karena kayu cendana banyak ditemukan di provinsi ini. Dibalik manfaat dan nilai jualnya yang tinggi, cendana termasuk tanaman yang langka, ZM girls. Ini karena budidaya cendana yang sulit, ditambah dengan fase pertumbuhannya yang lambat. 


Tengkawang

Tengkawang merupakan tanaman khas Indonesia yang termasuk dalam genus meranti. Habitatnya banyak ditemukan di Kalimantan Barat, sehingga tengkawang pun diangkat menjadi flora identitas Kalimantan Barat. Nyatanya, segudang manfaat tengkawang ini sudah tersohor bahkan sampai ke luar negeri. 


Minyak nabati dari tengkawang ini punya banyak sekali kegunaan, mulai dari pembuatan cokelat, kosmetik, lilin, sampai obat-obatan. Selain itu, kayunya juga sering dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk konstruksi rumah dan perabotan, girls. Tengkawang punya tampilan yang khas, nih. Batangnya tinggi mencapai 30 meter, bentuknya kurus dan lurus dengan warna abu-abu dan bercak hitam. 


Anggrek Jamrud

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan anggrek berwarna ungu. Tetapi, pernahkah kamu melihat anggrek berwarna hijau seperti jamrud? Ini dia tanaman khas Indonesia yang saking langkanya, sampai dilindungi oleh Peraturan Pemerintah yang hanya memperbolehkan jual-beli anggrek jamrud generasi ketiga. 


Peta penyebaran anggrek jamrud cukup luas, bisa ditemukan di Pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Karakteristik dari anggrek jamrud ada padanya bunganya yang berbentuk elips dan berwarna hijau, lengkap juga dengan garis-garis kemerahan di kelopaknya. Uniknya, anggrek jamrud hanya akan berbunga di musim semi dan musim panas saja, ZM girls. 


Bunga Asar

Tanaman khas Indonesia yang satu ini terkenal karena kecantikan bunganya yang hanya mekar di jam 4 sore. Karenanya, dinamakan bunga asar, sama seperti waktu salat asar menjelang sore hari. Jarang diketahui oleh orang, sebenarnya bunga asar pun sudah lama dimanfaatkan menjadi tanaman obat. 


Bunga asar mengandung betaxanthins yang dapat melancarkan sirkulasi darah, meredakan radang, bahkan banyak digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk penyakit kanker. Selain untuk pengobatan, biji bunga asar juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan bedak.


Bunga asar sendiri memiliki beragam varian warna, mulai dari ungu, merah, pink, putih, dan kuning. Bentuknya juga unik dan cantik, menyerupai terompet kecil. Bunga ini banyak ditemukan di Lampung, sehingga tidak heran akhirnya bunga asar dijadikan flora identitas Lampung yang begitu memorable


Majegau

Satu lagi tanaman khas Indonesia yang begitu langka, yaitu flora identitas Bali yang bernama majegau. Kayu majegau terkenal dengan aromanya yang sangat wangi. Kualitasnya ini yang menjadikannya tanaman yang dipakai masyarakat Bali untuk upacara adat. Bahkan, bagi masyarakat Bali, majegau dianggap sebagai tanaman yang sakral. 


Alkisah batang majegau dipercaya sebagai simbol Bhatara Sadasiwa yang menjadikannya kayu bakar untuk upacara yadnya agar mampu membersihkan raga dan jiwa manusia. Menarik sekali, ya! Selain kayunya yang sering dijadikan dupa, bunga dan daunnya pun digunakan sebagai canang sari di Bali. Sayangnya, proses budidaya majegau ini sangat rumit karena harus dimulai dari menanam biji yang didapatkan dari buah majegau. 


Itu dia 5 tanaman khas Indonesia yang tidak hanya kaya akan manfaat, namun juga sarat akan sejarah dan pesonanya. Tanaman-tanaman inilah yang menjadi inspirasi dari koleksi Romansa Khatulistiwa dari ZMNow yang dibuat dengan bahan silky mae yang lembut serta teknologi kain wangi dan tahan air. Yuk, dapatkan koleksi Romansa Khatulistiwa eksklusif dari ZMNow sekarang!

Older Post Newer Post