Shopping Cart

6 Negara di Dunia yang Menjadi Saksi Peradaban Islam

Posted by Zaskia Mecca on
6 Negara di Dunia yang Menjadi Saksi Peradaban Islam

Baik untuk tujuan wisata atau sekadar penambah wawasan, penting untuk mengetahui berbagai negara di dunia yang menjadi saksi peradaban Islam. Hidup di Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia membuatmu cukup penasaran dengan jejak peradaban Islam di negara lain, bukan? Yuk, simak informasi di bawah ini!


Turki

Negara di dunia pertama yang menjadi saksi peradaban Islam adalah Turki. Di negara ini, Islam adalah agama terbesar dengan 99,8% populasinya terdaftar sebagai penganut agama Islam. Kehadiran Islam di Turki dimulai pada abad ke-8, ketika suku-suku Turki berperang bersama Muslim Arab melawan pasukan Tiongkok di Pertempuran Talas pada 751 M.


Negara yang berada di kawasan Eurasia ini menyimpan sejarah di balik bangunan-bangunannya terkait kejayaan Kesultanan Islam di masa lalu, salah satunya Hagia Sophia. Bangunan di Kota Istanbul yang sempat difungsikan sebagai museum ini didirikan selama Kekaisaran Bizantium Kristen pada abad keenam. Begitu ikonik, ZMNow bahkan memiliki koleksi yang terinspirasi dari bangunan yang sudah resmi kembali difungsikan sebagai masjid pada tahun 2020 lalu ini.


Spanyol

Negeri Matador merupakan rumah bagi beberapa jejak warisan sejarah Islam yang termegah di dunia. Sejumlah kota populer Spanyol memiliki bangunan yang terinspirasi oleh arsitektur Islam dan terlihat jelas di Alhambra dan Masjid Cordoba.


Struktur Masjid Cordoba sendiri dianggap sebagai monumen penting dalam sejarah arsitektur Islam. ZMNow pun punya banyak koleksi menarik yang terinspirasi dari masjid yang cukup besar untuk menampung 40.000 orang ini, ZM girls. Berfungsi sebagai tempat beribadah utama kota dan tempat para elit intelektual dunia Islam barat belajar, Masjid Cordoba menjadi saksi peradaban Islam yang memukau.


Kosovo

Kosovo adalah negara yang terletak di Eropa Tenggara. Negara yang pada tanggal 17 Februari 2008 mendeklarasikan kemerdekaannya ini menjadi negara terbaru di dunia dan salah satu yang paling tidak biasa. 


Menjadi sebuah keanehan di Eropa, sebagian besar warganya adalah Muslim. Kehadiran Islam di Kosovo sendiri sudah sangat lama, dimulai sejak penaklukan Ottoman di Balkan pada tahun 1389 yang berlangsung hingga 1912. Saat ini, 95,6% populasi Kosovo adalah Muslim dengan sebagian besar populasi yang beretnis Albania.


Maroko

Maroko adalah sebuah negara yang terletak di Afrika utara. Negara yang juga dikenal dengan julukan “Al-Magrib” ini memiliki jumlah penduduk Muslim yang sangat besar dengan persentase sekitar 98,7% dari populasi penduduk. 


Soal penyebaran agama Islam, Maroko mempunyai sejarah dan peran yang penting. Dimulai pada 683 M, pasukan yang dipimpin Uqba Ibnu Nafi menjadi yang pertama membawa Islam. Kemudian, pada 670 M Islam menguasai Maroko. 


Negara ini juga pernah menjadi pusat peradaban Islam untuk beberapa abad dan punya banyak peninggalan kejayaan Islam zaman dahulu yang masih eksis hingga sekarang. Selain berbagai jejak kejayaan Islam di Maroko yang menarik, negara ini juga dikenal sebagai salah satu negara Arab yang penuk toleransi dan begitu ramah. 


Rusia

Rusia adalah negara terbesar di dunia yang membentang di Eropa Timur dan Asia Utara. Negara ini memiliki populasi Muslim terbesar di Eropa dengan jumlah Muslim mencapai 10,2 juta (6% dari total populasi) menurut Departemen Luar Negeri AS pada 2017. Wilayah Rusia dengan populasi Muslim tertinggi adalah Ingushetia 96%, Chechnya 95%, Dagestan 83%, dan Karachay-Cherkessia 64%. 


Di Rusia, Islam paling kental keberadaannya di Kazan, kota yang berada tidak terlalu jauh dari Moskwa. Ibu kota Tatarstan, negara bagian Rusia ini dikenal sebagai kota santri karena 33,8 persen dari perkiraan 3,8 juta penduduk menganut agama Islam, menjadikannya agama terbesar di Tatarstan. Kazan juga mempunyai lanskap yang unik karena berada di atas bukit dengan pemandangan danau di bawahnya. Keunikan itu pun membuat ZMNow mengeluarkan koleksi yang terinspirasi darinya.


Yunani

Islam datang ke Yunani atas undangan Kekaisaran Bizantium. Secara keseluruhan, Islam memang merupakan agama minoritas di Yunani yang berjumlah 97.605 (0,91% dari populasi) menurut sensus 1991. Yunani sendiri memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap Islam, khususnya pada arsitektur Islam awal. 


Selama era Kekhalifahan Umayyah (661-750), warisan artistik Yunani membentuk sumber fundamental untuk seni Islam baru, khususnya di Suriah dan Palestina. Budaya Islam di Yunani sendiri menginspirasi beberapa koleksi dari ZMNow yang menarik untuk kamu pilih.


Nah, itulah setidaknya 6 negara di dunia yang menjadi saksi peradaban Islam. Jangan lupa untuk cek berbagai koleksi menarik ZMNow yang terinspirasi dari beberapa negara di atas, ya. Semoga bermanfaat!

Older Post Newer Post