6 Tips Cantik Saat Berpuasa, Kamu Wajib Tahu

6 Tips Cantik Saat Berpuasa, Kamu Wajib Tahu

Selama berpuasa, kulit dan tubuh akan mengalami perubahan drastis yang disebabkan oleh perbedaan pola makan dan tidur dari biasanya. Jam makan yang berubah bisa memicu tubuh kita jadi lebih cepat lemas dari biasanya. Apalagi jika ZM girls kurang mengatur menu makanan selama berpuasa. Tak hanya itu, pola tidur yang berubah juga berkontribusi dalam membuat kulit kita terlihat kusam dan kering. 


Oleh karena itu, kita harus menerapkan tips cantik khusus Ramadan agar kesehatan kulit dan tubuh kita terjaga selama berpuasa. Buat ZM girls yang masih bingung perawatan ekstra apa saja yang harus kamu lakukan, tidak usah bimbang. Berikut ini tips cantik yang bisa kamu terapkan di bulan Ramadan.


Minum air putih yang cukup

Menjaga kecantikan kulit dan tubuh di bulan puasa bisa dimulai dengan hal yang paling sederhana. Pastikan kamu minum air putih yang cukup. Selain menjaga hidrasi tubuh, air juga berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit kamu agar tidak kering dan kusam. 


Usahakan tetap minum minimal 8 gelas air putih setiap hari. Kamu bisa mempraktikkan rumus 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas lagi saat sahur. Hindari minum manis saat sahur agar tidak dehidrasi saat di siang hari. 


Jaga menu sahur dan berbuka yang sehat

Karena kita hanya diberi kesempatan makan dua kali dalam sehari selama berpuasa, maka kita harus memastikan bahwa menu makanan yang kita makan saat sahur dan berbuka itu sudah padat nutrisi. Karenanya, tips cantik berikutnya adalah memastikan menu yang kamu konsumsi memiliki nutrisi yang seimbang, baik itu dari buah-buahan, sayur, maupun daging. 


Sebaiknya kamu hindari makan makanan yang berminyak saat berbuka untuk mencegah timbulnya jerawat dan kurangi juga makanan yang terlalu asin atau manis supaya kamu tidak kehausan saat berpuasa di siang hari.


Jangan lupa pakai pelembap dan sunscreen

Pelembap dan sunscreen itu wajib hukumnya untuk dipakai setiap hari, baik saat kamu sedang berada di dalam maupun di luar ruangan. Karena kita tidak minum di siang hari, hal ini menyebabkan kulit terasa lebih kering dan dehidrasi. Oleh sebab itu, kamu harus rajin memakai pelembap di pagi dan malam hari sebagai tips cantik saat berpuasa. Apalagi buat kamu yang masih harus beraktivitas di luar rumah, tidak boleh lupa pakai sunscreen supaya wajah kamu tidak kusam karena terpapar sinar matahari. Eits, tapi ingat ya kalau sunscreen tetap harus dipakai walau kamu lagi di rumah saja.


Kenakan makeup natural saja bila perlu

Pola makanan kita saat berpuasa jadi berubah dan hal ini terkadang menyebabkan masalah baru pada kulit. Contohnya saja menu favorit kamu saat berbuka adalah gorengan. Jika kamu terlalu banyak makan makanan yang berminyak seperti gorengan, kulit kamu jadi gampang muncul jerawat, lho. Bila hal ini terjadi, lebih baik kamu mengurangi pemakaian makeup yang tebal agar kulit kamu bisa beristirahat. Akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan makeup yang lebih natural, sehingga kulit kamu lebih bisa bernapas dan terjaga kesehatannya.


Aktif olahraga di waktu luang

Tips cantik berikutnya berhubungan dengan aktivitas olahraga kamu. Berpuasa bukan berarti kamu bisa berhenti berolahraga. Agar badan kamu tetap sehat, kamu bisa melakukan olahraga ringan saat berpuasa seperti jogging atau jalan santai. Jika kamu biasanya berolahraga 1 jam sehari, maka saat berpuasa kamu bisa mengurangi sedikit waktu olahraga kamu menjadi 15-30 menit sehari. Sebagai saran, sebaiknya kamu meluangkan waktu olahraga kamu di sore hari menjelang waktu berbuka.


Lengkapi hari dengan OOTD yang cantik

Tips cantik terakhir buat para ZM girls, baik yang masih work from home atau sudah bekerja seperti biasa, adalah memilih baju buat OOTD cantik setiap harinya. Kegiatan memilih baju untuk OOTD kamu justru bisa buat kamu lebih semangat menjalani hari. Tentunya dengan memakai OOTD yang kamu sukai, penampilan jadi semakin cantik dan mood pun jadi semakin baik. Apalagi kalau kamu punya baju-baju cantik dari koleksi ZMNow.


Untuk Ramadan kali ini, ZMNow menyediakan banyak baju cantik dari Jelita Indonesia Raya Collection, lho! Koleksi Jelita Indonesia memadukan unsur budaya berbagai daerah Indonesia yang tertuang cantik dalam bentuk pakaian dan hijab. Jelita Indonesia memiliki pakaian muslimah cantik, mulai dari tunik, dress, hijab, bahkan scrunchie. Yuk, segera kunjungi ZMNow untuk lihat koleksi terkini! Tetap glowing dan percaya diri dengan tips cantik selama bulan Ramadan, girls.