6 Tips Mencuci Hijab Motif Segi Empat Agar Tetap Cantik

6 Tips Mencuci Hijab Motif Segi Empat Agar Tetap Cantik

Sebagai wanita berhijab, kamu pasti punya hijab motif segi empat. Hijab motif ini membuat penampilan wanita berhijab lebih menarik bahkan tanpa perlu mengenakan aksesoris lainnya. Berbeda dari hijab biasa, perawatan hijab motif segi empat ini harus lebih diperhatikan, girls


Bukan tanpa sebab, bila keliru dalam mencuci atau menyimpan hijab motif segi empat, kain hijab bisa rusak. Biar hijab motif segi empat kesayangan kamu tetap terlihat cantik seperti baru, intip tips mencuci hijab motif segi empat selengkapnya berikut ini!


Cuci Hijab Tanpa Dicampur dengan Pakaian Lain

Saat kamu mengenakan hijab motif segi empat kesayanganmu, selalu ingat untuk tidak mencampurnya dengan pakaian lain. Terlebih bila kamu menggunakan mesin cuci, ya. Motif yang variatif, bahan hijab yang berbeda, serta teknik pewarnaan kain yang digunakan menjadikan hijab motif segi empat ini menjadi item pakaian yang harus dicuci secara terpisah. 


Bila disatukan dengan pakaian lainnya, bisa saja membuat warna hingga motif pada kain hijab jadi luntur atau robek saat proses mencuci. Karenanya, pisahkan hijab motif segi empat berdasarkan bahannya, ya. Ingat, beda bahan, beda pula cara mencucinya. Jika bisa, cuci setiap kain hijab dengan tangan agar kualitas hijab motif tetap terjaga.


Gunakan Deterjen yang Lembut

Mencuci hijab motif segi empat tidak boleh menggunakan sabun sembarangan. Khusus untuk jenis hijab ini, pilih sabun deterjen yang lembut. Biasanya, deterjen yang lembut ini adalah deterjen yang diciptakan khusus baju bayi, sehingga tidak akan meninggalkan iritasi pada kulit. Bagaimana kalau tak ada deterjen lembut? Tetap jangan menggunakan deterjen biasa, tetapi cukup larutkan shampo dengan air untuk mencuci hijab motif segi empat kesayangan kamu.


Rendam dan Kucek Saja dengan Tangan

Jangan mencuci hijab motif segi empat dengan menggunakan mesin! Untuk mencuci hijab motif segi empat ini, kamu cukup merendamnya dalam deterjen yang lembut dan gosok lembut dengan tangan saja. Gosok atau kucek dengan tangan selama beberapa detik saja, lalu bilas dengan air bersih hingga busanya berkurang. Setelah dicuci, jangan dikeringkan di dalam mesin cuci, ya! Cukup kita peras sampai airnya keluar, kemudian lanjutkan dengan menjemur kain hijab motif segi empat.


Jangan Jemur Langsung di Bawah Matahari

Saat mencuci baju, memang paling enak menjemurnya di bawah matahari karena bisa cepat kering. Untuk hijab motif segi empat kesayangan kamu, jangan menjemurnya langsung di bawah matahari karena bisa merusak motif dan bahannya! 


Cukup jemur hijab di bawah tempat yang rindang, sehingga kain bisa kering lewat tiupan angin saja. Tak kalah penting, jangan menjemur hijab dalam keadaan terlipat karena bisa meninggalkan bekas sabun atau lipatan yang tidak cantik.


Setrika dengan Suhu yang Tepat

Pasti mood jadi rusak kalau hijab motif segi empat kamu lecek sehingga membuat tampilannya jadi kurang cantik seperti biasanya. Memang, untuk merapikan hijab motif segi empat ini harus dengan cara disetrika, tetapi perhatikan suhu yang digunakan saat menyetrikanya. 


Kalau bahannya terbuat dari paris dan viscose, cukup disetrika dengan suhu yang rendah di atas alas kain perantara. Untuk hijab motif berbahan payet atau kaos, gunakan suhu setrika yang sedang saja. Bila ada payet atau hiasan lainnya, amannya jangan sampai kena setrika karena bisa meleleh.


Simpan dengan Cara Digantung

Sudah dicuci dan disetrika, jangan melipat hijab motif segi empatnya, ya. Cara menyimpan hijab yang terbaik adalah cukup dengan cara digantung. Kalau digantung begini, hijab tidak akan mudah kusut. Gantung dengan hanger complement, gantungan ikat pinggang atau gantungan handuk agar hijab motif segi empatnya tidak mudah kusut atau rusak.


Tips mencuci hijab motif segi empat ini wajib kamu praktikan agar koleksi kain hijab kamu bisa lebih tahan lama. Untuk kamu yang ingin menambah koleksi hijab motif segi empat, kamu wajib mengecek koleksi hijab motif dari ZMNow. Hanya di ZMNow kamu bisa mendapatkan hijab motif segi empat dengan motif yang cantik dan unik, tentunya dengan bahan kain yang berkualitas dan nyaman banget. Tampil cantik dengan koleksi hijab motif segi empat dari ZMNow, buruan belanja sekarang sebelum kehabisan!