7 Cara Diet Sehat ala Rasulullah yang Diakui Islam

7 Cara Diet Sehat ala Rasulullah yang Diakui Islam

Menerapkan cara diet sehat bisa kamu lakukan dengan berbagai cara, salah satunya ikut diet ala Rasulullah yang diakui Islam. Kamu perlu menyeimbangkan energi yang dikonsumsi dengan energi yang digunakan, girls. Jadi, jangan sembarangan diet supaya tubuh kamu tetap sehat. Sejumlah cara diet sehat ala Rasulullah berikut akan membantumu menjaga berat badan ideal dan tubuh pun tetap bugar.


Makan menu yang halal

Cara diet sehat ala Rasulullah yang pertama dan utama adalah mengkonsumsi menu yang halal. Makanan yang halal dapat memberikan banyak manfaat kesehatan dan merupakan bagian dari bentuk ketaatan terhadap Allah SWT. 


Tidak hanya bermanfaat menjauhkan diri dari penyakit, menu makanan dan minuman yang halal juga bermanfaat untuk mendatangkan rezeki. Betul sekali, menu yang halal juga bermanfaat meningkatkan iman, mendapatkan perlindungan, menjaga kekhusyukan saat salat, hingga menjaga akhlak.


Atur porsi secukupnya

Salah satu ajaran Islam yang paling mendasar adalah peringatan kepada manusia agar tidak berlebihan, termasuk soal porsi makan. Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik, itulah mengapa Rasulullah selalu bersantap dengan porsi yang tidak terlalu banyak. Seperti yang dianjurkan, makanlah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.


Mengatur porsi makan secukupnya juga baik untuk mencegah obesitas. Makan berlebih meningkatkan potensi obesitas yang dapat memicu berbagai penyakit, mulai dari hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, hingga penyakit jantung.


Tidak tidur sehabis makan berat

Jangan langsung tidur setelah makan berat karena kebiasaan ini membuat perut buncit dan berat badan naik. Kebiasaan ini sebenarnya berkaitan dengan makan berlebihan karena saat perut terlalu kenyang, rasa kantuk akan menyerang dan membuat kamu jadi ingin tidur untuk beristirahat.


Solusinya, terapkan dulu kebiasaan makan secukupnya dan kemudian tahan diri untuk tidak tidur sehabis makan berat. Kebiasaan langsung tidur setelah makan bisa meningkatkan risiko terjadinya beberapa gangguan kesehatan, seperti penyakit asam lambung, obesitas, dan insomnia.


Sarapan dengan air madu

Madu sudah lama diketahui sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia. Dalam Islam, kebaikan madu dijelaskan dalam Surat An Nahl ayat 69. Surat tersebut menjelaskan tentang madu yang berasal dari lebah dan berfungsi menyembuhkan bagi manusia. Rasa manis dari madu bisa menggantikan gula tebu yang tidak terlalu baik bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang.


ZM girls bisa contoh kebiasaan Rasulullah mengkonsumsi air madu sebagai menu sarapan. Kebiasaan ini sangat baik dalam menurunkan risiko diabetes, meningkatkan imunitas, hingga baik untuk kesehatan pencernaan karena mempunyai sifat prebiotik.


Rajin berpuasa

Tidak hanya berpuasa di bulan Ramadan, kamu perlu rajin berpuasa di luar bulan suci tersebut untuk menerapkan cara diet sehat ala Rasulullah. Rutin puasa sunah, seperti puasa Senin dan Kamis, akan memberikan manfaat kesehatan yang besar.


Berpuasa memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan berat badan, memelihara kesehatan mental, hingga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Semua manfaat tersebut diperoleh karena puasa membuat metabolisme tubuh meningkat, ZM girls


Makan 7 butir kurma jika lapar

Lapar di saat-saat tertentu mungkin membuatmu tergoda untuk ambil camilan. Sementara bisa mengisi perut kosong, makan camilan tidak baik untuk kesehatan karena biasanya tidak mengandung nilai gizi seimbang. Biar lebih sehat, kamu bisa makan 7 butir kurma jika lapar seperti yang Rasulullah lakukan.


Cara diet sehat ini sangat dianjurkan karena sesuai hadis HR Bukhori dan Muslim, kurma mempunyai banyak keutamaan, seperti terhindar dari racun maupun sihir. Dari sisi kesehatan, kurma yang mengandung berbagai nutrisi penting seperti fosfor, kalium, magnesium, zinc, mangan, dan selenium berfungsi menjaga kekebalan tubuh dan mencegah penyakit kanker.


Roti gandum dan minyak zaitun di sore hari

Untuk camilan sehat di sore, kamu bisa makan roti gandum bersama minyak zaitun. Terkenal sehat dan dapat membantu menurunkan berat badan, minyak zaitun juga bermanfaat mencegah kanker, mencegah lemah tulang, membuat sistem pencernaan lebih lancar, hingga menghilangkan kolesterol.


Untuk jenis roti yang dikonsumsi oleh Rasulullah, 4 hadis (137-140) pada kitab As-Syamail al Muhammadiyah menyebut bahwa roti sya’ir adalah jenis roti yang dikonsumsi Rasulullah setiap hari. Dalam Bahasa Indonesia, sya’ir berarti gandum. Roti gandum sendiri mempunyai berbagai manfaat, seperti baik untuk pencernaan, mengenyangkan lebih lama, dan baik bagi kesehatan tulang.


Nah, itulah informasi mengenai cara diet sehat ala Rasulullah yang perlu ZM girls ketahui. Dengan menerapkan cara diet sehat di atas, kamu bisa mendapatkan tubuh sehat dan langsing, deh. Jangan lupa untuk memaksimalkan penampilanmu dengan berbagai koleksi ZMNow yang akan membuat tampilan makin cantik dan elegan, ya. Yuk, belanja outfit menarik di ZMNow sekarang!