Alhamdulillah, Ini Dia 5 Manfaat Bersyukur Kepada Allah

Alhamdulillah, Ini Dia 5 Manfaat Bersyukur Kepada Allah


Sebagai manusia biasa, terkadang terasa sulit memanjatkan rasa syukur atas pemberian Allah SWT. Namun, tahukah Anda jika Anda belajar untuk selalu bersyukur atas karunia Allah maka Anda akan diberikan begitu banyak manfaat? Apa sajakah manfaat tersebut? Berikut ini adalah lima manfaat bersyukur kepada Allah, girls.


Dijauhi dari Sakit Hati

Manfaat bersyukur kepada Allah SWT akan membuat Anda dijauhi dari rasa sakit hati seperti sifat sombong, dendam, dan iri hari. Rasulullah SAW bersabda, “Ketahuilah bahwa dalam jasad manusia ada segumpal daging, jika baik maka baiklah seluruh anggota dan jika rusak maka rusaklah seluruh anggota, ketahuilah itu hati.” (HR. Bukhari dan Muslim).


Dari sabda Rasulullah ini, ZM girls bisa mengambil kesimpulan bahwa barang siapapun yang dijauhi dari penyakit hati, maka tubuhnya pun niscaya akan ikut sehat. Orang-orang yang menyimpan penyakit hati hidupnya akan lebih tidak tenang. Hal ini akan berujung pada mudahnya orang-orang tersebut untuk jatuh sakit.


Nikmat dan Pahala Berlimpah

Barang siapa yang selalu mengucapkan syukur kepada Allah SWT, maka nikmatnya akan dilipat gandakan. Sebaliknya juga, barang siapa yang tidak bersyukur dan lebih sering mengeluh serta selalu iri dengan apa yang orang lain terima maka hidupnya akan semakin sengsara. 


Allah berfirman dalam QS. Ibrahim ayat 7, “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.””. Abu Abdillah a.s juga mengatakan Rasulullah bersabda bahwa orang yang selalu memanjatkan rasa syukur akan diberikan pahala yang berlimpah.


Hati Jadi Lebih Tenang

Seseorang yang tidak mengerti arti dari kata nikmat akan selalu merasa bahwa hidupnya tidak pernah cukup. Apapun yang dimiliki oleh orang lain akan terasa lebih bagus dan lebih banyak daripada yang sudah dimiliki diri sendiri. Singkatnya, hati akan senantiasa merasa tidak tenang. Rasa tidak tenang ini akan semakin membuat seseorang jauh dari Allah.


Berbeda dengan orang yang senantiasa bersyukur atas apa yang dimiliki. Manfaat bersyukur kepada Allah adalah hati akan semakin menjadi tenang. Hati terasa lebih damai karena tidak perlu merasa tersaingi oleh orang lain. Hati pun akan merasa lebih ridha dengan apa yang diberikan oleh Allah SWT.


Iman pada Allah Jadi Bertambah

“Dua hal apabila dimiliki oleh seseorang dia dicatat oleh Allah sebagai orang yang bersyukur dan sabar. Dalam urusan agama (ilmu dan ibadah) dia melihat kepada yang lebih tinggi lalu meniru dan mencontohnya. Dalam urusan dunia dia melihat kepada yang lebih bawah, lalu bersyukur kepada Allah bahwa dia masih diberi kelebihan.” (HR. Tirmidzi)


Manfaat bersyukur kepada Allah yang lain adalah meningkatkan iman dan taqwa, girls. Dengan memanjatkan rasa syukur, maka Anda akan belajar untuk lebih ridha dengan semua pemberian Allah. Terkait urusan dunia, belajarlah untuk memandang orang-orang yang berada di bawah Anda sehingga bisa meningkatkan rasa syukur.


Mendapat Sayang Allah dan Diampuni Dosanya

“Jika engkau tidak mampu membalasnya maka doakan dia hingga engkau merasa bahwa engkau telah mensyukuri kebaikan tersebut, karena sesungguhnya Allah SWT sangat cinta kepada orang-orang yang bersyukur”. (HR. Abu Dawud).


Berdasarkan kutipan di atas, sudah jelas bahwa Allah menyayangi umatnya yang selalu bersyukur. Karenanya, latihlah diri Anda untuk bersyukur bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun seperti selalu diberi kesehatan. 


Melalui Jabir ra. Rasulullah bersabda bahwa “Allah SWT tidak memberi suatu nikmat kepada seorang hamba kemudian ia mengucapkan Alhamdulillah, kecuali Allah SWT menilai ia telah mensyukuri nikmat itu. Apabila dia mengucapkan Alhamdulillah yang kedua, maka Allah SWT akan memberinya pahala yang baru lagi. Apabila dia mengucapkan Alhamdulillah untuk yang ketiga kalinya, maka Allah SWT mengampuni dosa-dosanya.” (HR. Hakim dan Baihaqi).


Demikianlah beberapa manfaat bersyukur kepada Allah. Anda bisa menunjukkan rasa syukur Anda kepada Allah SWT dengan berlaku dan bertutur kata sopan. Salah satunya adalah dengan mengenakan busana yang sesuai dengan syariat Islam. Untuk pilihan busananya, cek koleksi terbaru dari ZMNow, yuk!