Shopping Cart

AMALAN 10 HARI TERAKHIR BULAN RAMADHAN

Posted by Atilla Syah on
AMALAN 10 HARI TERAKHIR BULAN RAMADHAN

ZM girls, tak terasa saat ini kita sudah berada di penghujung bulan Ramadhan. Sebagai bahan refleksi diri, yuk sama-sama kita maksimalkan amalan-amalan yang paling dianjurkan oleh Rasulullah SAW di bulan Ramadhan ini.

Amalan apa aja yaa?? Berikut pemaparannya.

MEMBACA AL-QUR’AN

Al-Qur’an diturunkan pertama kali di bulan Ramadhan, sehingga bulan ramadhan disebut juga bulan al qur’an/ seperti dalam firman allah:

 

“Bulan ramadhan, yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an …” (QS Al-Baqarah: 185).

 

Bahkan, Rasulullah SAW sendiri lebih sering dan lebih banyak membaca Al-Qur’an di bulan yang mulia ini, dibandingkan pada bulan-bulan lainnya. Imam Az-Zuhri berkata:

 

“Apabila datang ramadhan, maka kegiatan utama kita selain berpuasa adalah membaca Al-Qur’an.”

 

MEMBERIKAN MAKANAN UNTUK BERBUKA PUASA

Amalan ramadhan lainnya yang juga sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW adalah memberikan santapan berbuka kepada orang yang berpuasa. Nabi SAW bersabda;

 

“Barangsiapa memberi makanan berbuka kepada orang-orang yang berpuasa, maka ia mendapat pahala senilai pahala orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut.” (HR. Tirmidzi dan An-Nasa’i)

 

SHALAT TARAWIH

ZM girls, ibadah sunnah yang khas dan hanya ada di bulan Ramadhan adalah shalat tarawih yang banyak memiliki keutamaan. Salah satunya adalah mendapatkan ampunan dosa yang telah lalu. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759)

 

I’TIKAF

I’tikaf adalah berdiam diri di Masjid dengan niat beribada kepada Allah SWT// sebenarnya i’tikaf bisa dilakukan kapan pun/ namun lebih ditekankan untuk dilakukan pada bulan Ramadhan karena Rasulullah SAW pun diketahui melakukannya.

 

Aku pernah melakukan i’tikaf pada sepuluh hari Ramadhan yang pertama. Aku berkeinginan mencari malam lailatul qadar pada malam tersebut. Kemudian aku beri’tikaf di pertengahan bulan, aku datang dan ada yang mengatakan padaku bahwa lailatul qadar itu di sepuluh hari yang terakhir. Siapa saja yang ingin beri’tikaf di antara kalian, maka beri’tikaflah.” Lalu di antara para sahabat ada yang beri’tikaf bersama beliau.  

(HR. Bukhari no. 2018 dan Muslim no. 1167)

 

LAILATUL QADAR

Seperti yang kita tahu, pada bulan Ramadhan ada satu malam yang istimewa yaitu Lailatul Qadar. Malam yang penuh berkah ini nilainya sama dengan seribu bulan, Rasulullah SAW amat menjaga ibadah pada malam ini untuk bisa meraih Lailatul Qadar. Rasulullah menganjurkan kita untuk mencari malam special ini di malam-malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.  

 

“Barangsiapa yang shalat pada malam lailatul qadar berdasarkan iman dan ihtissab, maka allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

ZM girls, di hari-hari terakhir Ramadhan ini, yuk sama-sama kita maksimalkan ibadah kita kepada Allah SWT maupun beramal kepada sesama, agar bisa mencapai kemenangan Hari Raya. Aamiin Yaa Robbal ‘Alamiin..

 

Older Post Newer Post