Minimal Pembelian 150.000 Bebas Ongkir Rp 10.000,- (pakai kode ZMFORYOU)
Shopping Cart

BENARKAH KULIT PUTIH ITU CANTIK?

Posted by Atilla Syah on
BENARKAH KULIT PUTIH ITU CANTIK?

ZM girls, apa sih definisi cantik menurut kamu? Ya, bagi sebagian besar orang Asia  cantik secara standar didefinisikan dengan langsing putih dan tinggi. berbeda dengan orang Eropa dan Amerika Serikat yang menganggap kulit kecoklatan terbakar matahari lebih menarik. para wanita di asia tampaknya justru terobsesi dengan kulit putih, sehingga standar kecantikan yang umum di Asia adalah kulit putih bersih tanpa noda

lalu mengapa warna kulit putih lebih diidamkan oleh orang-orang Asia terlebih Indonesia, dibandingkan dengan warna kulit yang lebih gelap?   

Mengapa kulit putih lebih disukai?

Berdasarkan catatan sejarah, konsep cantik berarti berkulit putih atau terang, diyakini sejak zaman penjajahan kolonial belanda. serta zaman penjajahan jepang, hal ini dikarenakan pada saat zaman penjajahan tersebut, orang belanda dan orang jepang yang datang ke indonesia berkulit putih dan terlihat cantik, sehingga mayoritas masyarakat indonesia beranggapan bahwa cantik itu identik dengan kulit yang putih.   

Warna kulit terkait dengan intensitas paparan matahari

Alasan yang paling umum diketahui, bahwa persebaran ras dengan warna kulit yang berbeda adalah mekanisme adaptasi dan perlindungan melanin pigmen yang bertanggung jawab terhadap perbedaan warna kulit, melindungi sel-sel kulit agar tidak rusak terkena paparan sinar ultraviolet matahari.

Pigmen melanin dapat bertambah banyak dengan adanya paparan sinar matahari.   Contohnya, di daerah tropis seperti afrika dan indonesia, umumnya memiliki warna kulit sawo matang dan cenderung gelap. hal ini terjadi karena iklimnya yang panas  dan sangat sering terkena paparan sinar matahari, sehingga kulit beradaptasi agar dapat terlindung dari kerusakan yang terjadi akibat paparan sinar matahari yang mengandung sinar ultra violet.

Karena itu, semakin gelap warna kulit, maka ia akan semakin terlindungi terhadap sinar ultraviolet, yang mana sinar tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah kulit bahkan kanker kulit. selan itu, warna kulit manusia juga ditentukan oleh peredaran darah, tebal tipisnya lapisan tanduk dan adanya zat-zat warna lain yang bukan melanin yaitu darah dan kalogen. jadi warna kulit yang dimiliki setiap manusia berbeda, untuk melindungi tubuhnya sendiri.

Kecantikan fisik tidak berarti apa-apa tanpa kecantikan hati

Ya,  tidak ada yang salah dengan warna kulit apapun, kulit hitam sekalipun jika sehat  akan terlihat indah, kita juga akan tetap terlihat cantik elegan, tanpa harus memaksakan diri untuk berkulit putih.

Penampilan fisik memang penting, namun ada karakteristik lain yang lebih penting  yakni kecantikan yang berasal dari kemurnian hati dan jiwa. semakin banyak cinta yang anda pancarkan tanpa syarat, semakin tinggi aura kecantikan yang anda miliki.

Dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda:

”sesungguhnya allah tidak melihat kepada bentuk rupa dan harta kalian, tetapi allah melihat hati dan amal kalian”.  (Hr.Muslim, Ahmad dan Ibnu Majah).

Older Post Newer Post