NEGARA-NEGARA MUSLIM TERKAYA DI DUNIA

NEGARA-NEGARA MUSLIM TERKAYA DI DUNIA

ZM Girls, dunia ini telah Allah Subhanahu Wa Ta’ala berikan berbagai sumber daya alam yang berlimpah, yang dapat diolah dan serta dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia. Hampir 200 negara di dunia ini, beberapa negara dengan kemajuan yang pesat dalam berbagai bidang seperti ekonomi dan teknologi, berhasil menempati daftar negara- negara kaya di dunia. Ternyata, negara dengan mayoritas penduduk muslim juga tak kalah saing loh, dalam menempati posisi tersebut.

 

1. Qatar

Qatar adalah negara muslim terkaya di dunia yang berpenduduk sekitar 1.7 juta jiwa. berlokasi di   timur tengah, di sebuah semenanjung kecil Jazirah Arab di Asia Barat. satu-satunya batas darat mereka adalah Arab Saudi di selatan dan sisanya berbatasan dengan Teluk Persia.  qatar adalah negara dengan pertumbuhan tercepat dalam produksi dan ekspor gas alam, minyak, dan petrokimia.

Qatar menduduki posisi nomor 1, dengan pendapatan perkapita 129.726 US Dolar atau setara dengan Rp. 1,7 milyar,. data tersebut dimuat oleh World Bank pada akhir tahun 2017 lalu.

Gambaran kekayaan Qatar, terlihat dari berbagai lokasi dan bangunan megahnya yang fenomenal seperti The Pearl of Qatar, State Grand Mosque dan Museum Seni Islam.   

 

 2. Kuwait

Kuwait adalah negara muslim kaya kedua di dunia, dengan pendapatan perkapita mencapai 54.197 US Dolar, atau setara dengan Rp. 731.659 juta.

Saat ini Kuwait merupakan pemilik dari 10 persen cadangan minyak mentah dunia, sekitar 104 juta barel, dan diramalkan peningkatan produksinya akan menjadi 4 juta unit per barel pada tahun 2020 mendatang.

Selain itu dalam sektor jasa keuangan, Kuwait memiliki sistem perbankan yang mumpuni, hal ini terbukti dengan adanya Bank Nasional Kuwait (The National Bank of Kuwait), sebagai bank terbesar di Jazirah Arab.

Mata uang Kuwait yang disebut dinar, menempati nilai kurs tertinggi di dunia, mengalahkan us dollar.  Diketahui 1 dinar kuwait senilai dengan 45 ribu rupiah, dan perlu diketahui bahwa biaya rumah sakit di kuwait sangat murah sekali, contohnya untuk biaya persalinan hanya memerlukan dana 2 dinar saja itu sudah mencakup seluruh proses persalinan, kamar dan obat-obatan.

Fakta-fakta itulah yang membuat negara ini semakin memantapkan posisinya di peringkat kedua, dalam daftar negara muslim kaya di dunia.

 

 3. Brunei Darussalam

Siapa sangka, negara tetangga Indonesia, Brunei Darussalam menempati posisi ketiga negara muslim kaya di dunia,. pendapatan perkapita Brunei Darussalam adalah 50.920 US Dollar atau setara dengan 687.420 juta rupiah.

seperti Qatar dan Kuwait, sumber utama pendapatan Brunei Darussalam adalah dari industri minyak. Sebanyak 60 persen warganya bergantung hidup di sektor itu. kemapanan finansial, membuat pemerintah Brunei Darussalam sanggup memberikan pendidikan gratis hingga perguruan tinggi bagi setiap warganya.

Hal menarik lainnya adalah, museum rekor dunia mencatat Istana Nurul Iman milik kerajaan Brunei Darussalam kini dinobatkan sebagai istana terluas, dan termegah di dunia. Selain itu di salah satu kota bernama Bandar Sri Begawan, menurut informasi jarang sekali ditemukan motor disana, kalaupun ada motornya pun sekelas Harley Davidson.

 

4. Uni Emirat Arab

Negara berikutnya Uni Emirat Arab, dengan pendapatan perkapita mencapai 42.080 US Dolar atau setara dengan 568.080 juta rupiah.

Dubai merupakan salah satu kota di Uni Emirat Arab yang mencerminkan kekayaan dan kemegahan negara tersebut, seperti terdapatnya gedung pencakar langit: Burj Khalifa yang fenomenal, kebun bunga terbesar di dunia yang disebut Miracle Garden, Atlantis Hotel sebagai hotel termahal di dunia, serta the Palm Island; sebuah pulau buatan manusia terbesar di dunia. Pulau ini dibuat dari 1 miliar meter kubik batu dan pasir, dan kini telah dibangun lebih dari 100 hotel mewah, restoran, pusat perbelanjaan serta tempat eksklusif lainnya.

Selain itu hal unik lainnya adalah, polisi dubai dilengkapi dengan kendaran-kendaraan mewah dan super cepat, seperti Lamborghini,  Feraryi dan Bentley, saking kayanya di Dubai ada gerai makanan gratis yang disediakan khusus untuk orang miskin.

 

Masya Allah ZM Girls, semoga informasi ini dapat menginspirasi kita semua untuk memaksimalkan segala karunia Allah, seperti aneka sumber daya alam yang kita miliki, serta menjadikan kita sebagai hamba Allah yang senantiasa bersyukur kepada-Nya. Aamiin Ya Robbal ‘Alamiin..