IBADAH YANG PAHALANYA SETARA DENGAN IBADAH HAJI

IBADAH YANG PAHALANYA SETARA DENGAN IBADAH HAJI

Selain termasuk salah satu rukun Islam, Allah SWT juga memberikan ganjaran yang besar bagi siapa saja yang mampu melaksanakan ibadah haji. Rasulullah SAW bersabda:

Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349).

Karena itulah setiap umat muslim pasti memiliki keinginan untuk dapat menunaikan ibadah haji, namun tidak semuanya dikabulkan oleh Allah SWT untuk menjadi tamu-Nya di tanah suci.

 

Tapi tidak perlu putus asa atau pun kecewa, karena masih ada peluang besar bagi kita yang belum mampu pergi haji untuk mendapatkan pahala yang setara seperti pahalanya ibadah haji. apa saja?

 

BERDIAM DIRI DI MASJID USAI SHALAT SHUBUH HINGGA TERBIT MATAHARI

 

Berdiam di masjid selepas shalat shubuh sampai terbitnya matahari, kemudian shalat 2 rakaat memiliki ganjaran pahala seperti ibadah haji. Dari Anas Bin Malik ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda :

Barangsiapa shalat shubuh berjama’ah kemudian dia duduk berdzikir kepada Allah sampai terbitnya matahari, kemudian shalat 2 rakaat, maka pahalanya seperti haji dan umroh sempurna sempurna sempurna.” (HR. At-Tirmidzi).

SHALAT BERJAMA’AH DAN SHALAT SUNNAH DENGAN BERJALAN KAKI

Kemudian menghadiri shalat jama’ah dan berjalan kaki untuk shalat tathawwu’ (sunnah).
dari Abi Umamah bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda :

Barangsiapa berjalan kaki untuk shalat wajib berjama’ah maka ia seperti haji, dan barangsiapa berjalan kaki untuk shalat sunnah (menurut riwayat Abu Dawud, shalat dhuha) maka seperti umroh secara sempurna.” (HR. Ahmad).

Tidak hanya itu, shalat isya dan shubuh berjama’ah pahalanya juga setara dengan ibadah haji. dalilnya dari Abi Dzar Radhiyallâhu anhu ia berkata:

Bahwa ada sebagian sahabat bertanya kepada Nabi: “Wahai Rasulullah, orang-orang kaya datang dengan pahala besar. Mereka bisa shalat sebagaimana kami shalat dan berpuasa sebagaimana kami berpuasa, tapi mereka bisa bersedekah dengan kelebihan harta mereka.”
Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa Salam menjawab, “Allah telah menjadikan shalat isya berjama’ah bagi kalian sepadan pahalanya dengan haji, dan shalat shubuh berjama’ah sepadan dengan umroh.” (HR. Muslim).

 

MENGHADIRI MAJELIS-MAJELIS ILMU DI MASJID

Ibadah selanjutnya, yang pahalanya setara dengan ibadah haji adalah menghadiri majelis-majelis ilmu di masjid. dari Abi Umamah, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Salam bersabda :

Barangsiapa bersegera ke masjid, tidak menginginkan sesuatu kecuali mempelajari kebaikan atau mengajarkannya, maka pahalanya seperti haji yang sempurna hajinya.”
(HR. At-Thabrani dan Al-Hakim)

UMROH DI BULAN RAMADHAN

Umroh di bulan Ramadhan juga ternyata memiliki ganjaran pahala yang setara dengan melaksanakan ibadah haji. Dalilnya adalah dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu’ anhuma bahwa Rasulullah bersabda kepada seorang wanita dari anshar yang bernama Ummu Sinan:

Apa yang mencegahmu dari ikut haji bersama kami?” Ummu Sinan menjawab, “Kami hanya punya 2 ekor unta, yang satu digunakan suami saya untuk berhaji dengan Mu, dan yang satu digunakan untuk mengantar air.”
Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa Salam menjawab, “Umroh di bulan Ramadhan itu pahalanya sepadan dengan haji – dalam riwayat lain, haji bersamaku
.”  (HR. Muslim).

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA

Dan yang terakhir adalah berbakti kepada orang tua. dalam hal ini Abu Ya’la meriwayatkan dengan sanad yang baik bahwa ada seseorang datang kepada Rasulullah dan berkata: “saya ingin ikut berjihad tapi saya tidak mampu
Rasulullah kemudian bertanya: “Apakah orang tuamu ada yg masih hidup?”dia menjawab; “ibuku (masih hidup), lalu Rasulullah bersabda: “tunjukkan kepada Allah baktimu kepada ibumu karena jika kamu telah melakukannya maka kamu seperti orang yang berhaji umroh dan berjihad” (Diriwayatkan Dalam HR. Ath-Thabrani)

Masya Allah ZM girls, itulah tadi beberapa ibadah yang pahalanya setara dengan pahala berhaji dan umroh. bagi kita yang ingin pergi haji atau umroh namun terhalang karena faktor ekonomi, Insyaa Allah kita bisa menggunakan amalan-amalan ini untuk mendapatkan pahala yang sama seperti  berhaji dan umrah. Aamiin