Kenapa Umat Muslim Dianjurkan Puasa Senin-Kamis?

Kenapa Umat Muslim Dianjurkan Puasa Senin-Kamis?

Puasa adalah salah satu ibadah wajib bagi umat muslim. Puasa merupakan rukun Islam ketiga setelah Syahadat dan salat. Namun, tidak semua puasa yang dijalankan adalah wajib. Selain puasa wajib Ramadan, masih ada macam-macam puasa lainnya. Di antaranya adalah puasa sunnah, di mana umat Islam akan mendapatkan pahala jika menjalankan puasa, tetapi jika tidak dijalankan pun tidak akan mendapat dosa. Salah satu puasa sunah adalah puasa Senin-Kamis. 

Salah satu amalan Nabi Muhammad SAW

Puasa Senin-Kamis adalah salah satu puasa sunnah yang sering dijalankan oleh Nabi Muhammad SAW. Puasa sunnah ini berawal ketika Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya untuk berpuasa pada hari Senin yang merupakan hari kelahiran beliau dan hari Kamis, di mana hari tersebut adalah hari pertama kali Alquran diturunkan.

Nabi Muhammad SAW bersabda dalam HR Turmudzi bahwa segala amal perbuatan manusia akan diperlihatkan ke hadapan Allah SWT pada hari Senin dan Kamis dan bahwa beliau senang ketika amalnya diperlihatkan kepada Allah SWT ketika beliau sedang berpuasa.

Dibukanya pintu surga bagi umat Muslim

Selain hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dan hari diturunkannya Alquran, Senin dan Kamis juga merupakan hari di mana pintu surga dibukakan bagi umat Muslim, seperti yang tercantum pada hadis yang diriwayatkan Imam muslim. 

“Dikatakan bahwa pada hari Senin dan Kamis, Allah akan mengampuni setiap hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan apa pun, kecuali mereka yang di antara dirinya atau saudaranya terdapat permusuhan.” (HR Al Khatib, Muslim, ABu Daud, Nasa'i, At-Tarmidzi, dan Ibnu Hibban)

Berdampak baik bagi kesehatan tubuh

Selain memperoleh berkah dari Allah SWT, puasa Senin-Kamis juga memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh jasmani kita. Mulai dari menjaga metabolisme tubuh hingga mengontrol kadar gula darah, berikut ini adalah beberapa manfaat baik puasa Senin-Kamis bagi tubuh:

  • Mempercepat metabolisme
  • Puasa memberikan waktu bagi sistem pencernaan untuk beristirahat dan mendorong energi metabolisme untuk berfungsi secara lebih efisien. Ketika berpuasa, kadar neurotransmitter norepinefrin akan meningkat, di mana akan membantu penurunan berat badan. 

    Konsumsilah makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran ketika berbuka dan sahur. Dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan kaya akan serat, tentu akan lebih mendukung proses metabolisme tubuh dan meningkatkan energi kita ketika sedang menjalankan puasa.

  • Meningkatkan fungsi otak
  • Ketika berpuasa, asupan kalori yang masuk ke tubuh pun terbatas. Hal ini dapat memicu pembentukan jalur sel otak baru dan merangsang pertumbuhan sel otak. Pembentukan sel otak baru ini juga akan memicu bahan kimia lain yang dapat meningkatkan kesehatan otak. Pada akhirnya, puasa akan menurunkan risiko seseorang terkena penyakit saraf di usia tua. 


  • Menurunkan kadar lemak
  • Ketika menjalankan puasa Senin-Kamis, tubuh dipaksa menggunakan lemak sebagai sumber energi utama. Alhasil, lemak berlebih dalam tubuh pun berkurang. Berkurangnya lemak berlebih dapat menghindarkan kita dari ancaman penyakit seperti kolesterol, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Manfaat lainnya yang didapatkan dengan berpuasa adalah kesehatan jantung kita akan lebih terjaga. Hal ini berhubungan dengan kadar lemak yang berkurang ketika berpuasa. Saat kadar lemak dalam tubuh terlalu banyak, risiko terkena aterosklerosis akan semakin tinggi. Aterosklerosis adalah penyumbatan arteri akibat partikel lemak. Namun, jika lemak digunakan sebagai sumber energi, otomatis lemak akan berkurang dan mengurangi risiko penyakit tersebut.

  • Membantu mengontrol gula darah
  • Saat kita berpuasa, tubuh akan menghancurkan glukosa untuk mengubahnya menjadi energi. Hal ini juga mengakibatkan produksi insulin dalam tubuh berkurang sehingga kadar gula darah pun akan terkontrol. Selain itu, berpuasa juga terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Penelitian menunjukkan bahwa setelah berpuasa, perpindahan glukosa dari aliran darah ke sel lain dinilai lebih efisien. 


    Walaupun puasa Senin-Kamis termasuk tidak wajib, masih banyak alasan lainnya yang mendasari mengapa umat muslim dianjurkan menjalankan puasa Senin-Kamis. Menjalankan puasa tidak hanya meningkatkan kesehatan tubuh jasmani, tetapi juga mental dan rohani kita. Berpuasa dapat menurunkan stres dan membuat kita memperoleh kedamaian hati. Puasa juga memberikan pahala yang besar dan mengajarkan kita untuk menurunkan hawa nafsu.