Lakukan 5 Hal Ini Agar Makeup Tidak Luntur ke Hijab

Lakukan 5 Hal Ini Agar Makeup Tidak Luntur ke Hijab

Tampil makin cantik maksimal mengenakan makeup adalah hak setiap wanita, termasuk hijabers. Makeup dipakai untuk membuat warna kulit lebih rata dan noda hitam pada wajah tertutupi. Masalahnya, saat berkeringat, makeup yang luntur bisa menempel di bagian dalam hijab dan berpotensi menimbulkan bakteri dan jerawat, lho. jadi, penting banget agar kamu melakukan beberapa hal agar makeup tidak luntur ke hijab. Berikut informasinya!

Wajib pakai primer di area wajah bermasalah

Agar makeup tidak luntur, kamu wajib pakai primer di area wajah bermasalah. Maksudnya area wajah yang bermasalah adalah T-Zone, area dahi, dagu, dan hidung yang umumnya menghasilkan lebih banyak minyak, pori-pori lebih besar, dan merupakan area wajah yang rentan muncul komedo serta berjerawat.

Memakai primer di area wajah T-Zone berguna untuk membuat alas bedak lebih menyatu dengan kulit. Primer sendiri membantu makeup tampak lebih halus, tahan lama, dan membuat bekas jerawat tersamarkan. Jika menyatu dengan kulit, alas bedak tidak akan luntur pada hijab. Jadi, sebaiknya hindari penggunaan primer pada seluruh wajah dan fokus saja di area T-Zone, ya.

Pilih foundation bertekstur ringan

Sebisa mungkin, sebaiknya kamu membangun base makeup setipis yang kamu bisa. Ini penting karena tebalnya foundation berpotensi besar bakal luntur dan menempel di hijab. Mengaplikasikan foundation bertekstur ringan mencegah hal tersebut dan membuat tampilan makeup-mu lebih natural.

Pilihlah foundation dengan hasil matte agar lebih tahan lama di kulit dan tidak terlalu tebal ya, girls. Mengaplikasikan foundation bertekstur ringan dan tahan lama efektif banget mencegah foundation menempel di bagian dalam hijab, sehingga juga mencegah potensi munculnya bakteri dan jerawat.

Lapisi foundation dengan bedak tabur transparan

Tips selanjutnya agar makeup tidak luntur ke hijab adalah kamu perlu melapisi foundation dengan bedak tabur transparan. Sesuai namanya, foundation adalah alas bedak, jadi kamu perlu mengaplikasikan bedak di atasnya. Kamu bisa pilih bedak tabur yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Melapisi foundation dengan bedak tabur transparan berguna membuat bedak masuk ke pori-pori wajah dan memberikan proteksi agar foundation tidak cepat luntur dan lebih tahan lama. Jadi, meskipun nantinya kamu bakal berkeringat, kamu tidak perlu khawatir makeup bakal luntur dan menempel di hijab. 

Jangan lupa pakai setting spray

Memakai setting spray sangat penting untuk membuat makeup lebih lama menempel di kulit. Tidak hanya untuk hijabers, namun juga untuk semua orang yang menggunakan makeup. Hanya saja, bagi hijabers, memakai setting spray khususnya sangat penting agar makeup tidak luntur dan tampilan makin cantik maksimal sepanjang hari.


Setting spray memastikan makeup tidak luntur sehingga tidak menempel di hijab. Setelah memakai makeup, kamu hanya perlu menyemprotkan setting spray pada wajah. Step terakhir dari aplikasi makeup ini sangat simple namun bermanfaat besar untuk menjaga makeup lebih tahan lama menempel di wajah dan membuat wajah tampak lebih segar.

Bagaimana jika kamu ingin retouch makeup sambil pakai hijab? 

Nah, buat kamu yang ingin me-retouch makeup sambil pakai hijab, kamu bisa melakukannya dengan menyematkan tisu pada pinggiran hijab. Tips dari beauty influencer bernama Hani Sidow ini efektif banget mencegah hijab terkena noda makeup, lho. Cara menerapkannya juga gampang banget.

Sebelum mulai memakai bedak yang berguna menyerap keringat, kamu hanya perlu menjepit tepi hijab dengan tisu. Tips ini akan memastikan hijab tidak terkena noda bedak atau foundation usai me-retouch makeup. Jadi, waktu kamu mengaplikasikan bedak, bukannya menempel di hijab, bedak akan akan menempel pada tisu yang sudah menutupi hijab.


Itu tadi informasi tentang tips agar makeup tidak luntur ke hijab yang kamu perlu ketahui, ZM girls. Terapkan saja beberapa tips di atas untuk memastikan makeup tidak menempel di hijab dan menyebabkan berbagai masalah seperti komedo dan jerawat, ya. Jangan lupa juga untuk cek koleksi hijab di ZMNow yang nyaman dipakai dan bakal membuat tampilan makin cantik dan elegan. Buruan belanja hijab cantik di ZMNow sekarang!