MUSLIMAH INSPIRASI DUNIA

MUSLIMAH INSPIRASI DUNIA

ZM girls, seperti yang kita tahu, wanita merupakan makhluk yang mulia. Dilansir dari azzlam.com, sebenarnya kedudukan wanita dan pria itu setara. Tidak ada perbedaan antara keduanya dalam hal perbuatan. Pria maupun wanita memiliki hak yang sama sehingga keduanya tidak pantas untuk didiskriminasi. Dan, seiring berjalannya waktu, banyak tokoh Muslim inspiratif di dunia yang muncul untuk memberikan motivasi kepada masyarakat luas, termasuk para Muslimah yang memiliki banyak prestasi di berbagai bidang dan bisa menjadi contoh yang baik bagi kaum Hawa lainnya. Siapakah mereka?

Ibtihaj Muhammad

Atlet anggar asal Amerika Serikat. Tidak sekadar atlet, Ibtihaj adalah atlet Muslim pertama Amerika berhijab yang berhasil memenangi medali perunggu dalam Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil 2016. Selain menjadi atlet, Ibtihaj juga mengeluarkan brand fashion bernama Louella bersama saudaranya. Tak hanya itu, ia juga menjalin kerja sama dengan Peter Westbrook Foundation, sebuah organisasi yang didirikan atlet Olimpiade, Peter Westbrook. Organisasi ini bertujuan membina anak-anak yang ingin belajar anggar.


Ibtihaj juga dikenal sebagai atlet yang senantiasa mempertahankan hijab yang ia kenakan. Sebagaimana ucapan sang ayah bahwa anggar merupakan cabang olahraga yang senantiasa mengakomodasi agamanya karena penutup seluruh tubuh tetap dibutuhkan ketika melakukan kegiatan tersebut. Prestasi dan kegigihan Ibtihaj pun menggerakkan hati Mattel Inc. untuk menciptakan boneka Barbie berhijab pertama di dunia. Perilisan boneka ini diharapkan bisa menjadikan banyak wanita berani melampaui batas dalam mengejar impian dan menjadi apa yang mereka inginkan.

  1. Hana Tajima

Hana adalah trendsetter dunia. Kiprahnya dalam bidang fashion berhasil menunjukkan bahwa wanita Muslim pun bisa berkarier baik di bidang tersebut. Wanita mualaf yang sudah lama mempelajari filsafat ini membagikan hasil karyanya melalui blog yang pada akhirnya bisa menjadi inspirasi bagi kaum muda yang ingin berkarya di bidang yang sama. Kesuksesannya dalam bidang ini pun membuat brand busana ternama, tertarik untuk berkolaborasi dan menjadikan Hana sebagai ikon fashion Muslim yang berpengaruh di dunia. 

  1. Dalia Mogahed

Dalia merupakan wanita Islam pertama yang menjabat penasihat di Gedung Putih. Tugasnya meningkatkan persepsi Amerika Serikat di mata umat Muslim pada masa pemerintahan Barack Obama. Sebelum menjalani karier di Gedung Putih, wanita yang sudah meluncurkan buku bersama John L. Esposito berjudul Who Speaks for Islam? What a Billion Muslims Really Think itu juga sudah memiliki lembaga manajemen konsultan bernama Mogahed Consulting di Washington, DC. Dalia juga memiliki pengaruh yang penting dalam dunia politik di Amerika Serikat. Dalam wawancaranya bersama Al-Arabiya, Dalia menyampaikan pesan bahwa jilbab yang ia kenakan tidak menjadi masalah. Yang paling penting baginya adalah bagaimana ia bisa memberikan ide dan rekomendasi pemikiran yang akan bisa melibatkan warga Amerika untuk sebuah tujuan yang sama.

  1. Yasmin Mogahed

Yasmin Mogahed adalah influencer dan penulis yang sudah mengeluarkan beberapa buku, salah satunya Reclaim Your Heart. Psikolog ini juga meraih gelar Master dalam bidang Jurnalistik dan Komunikasi Massa. Setelah lulus, Yasmin menjadi dosen Islamic Studies dan instruktur menulis di Cardinal Stritch University. 

ZM girls, semofa informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.. Aamiin Yaa Robbal 'Alamiin