Shopping Cart

RAHASIA DIBALIK BERSENDAWA, BERSIN DAN MENGUAP DALAM ISLAM

Posted by Atilla Syah on
RAHASIA DIBALIK BERSENDAWA, BERSIN DAN MENGUAP DALAM ISLAM

ZM girls, bersin, sendawa dan menguap seringkali dilakukan di kehidupan sehari-hari. hal ini merupakan hal yang lumrah karena ketiga aktivitas tersebut merupakan fitrah dari manusia normal. namun tahukah anda bahwa ada rahasia di balik ketiganya? dan islam telah mengatur ketiga aktivitas tersebut?

sendawa sering datang pada saat seseorang merasa kekenyangan yang luar biasa walaupun bersifat alamiah. namun seringkali seseorang lupa bahwa masih ada orang lain disebelahnya yang akan merasa terganggu dengan sendawa yang ia keluarkan, maka dianjurkan bagi kita untuk menahan sendawa agar tidak mengganggu orang disekitar.

dari Ibnu Umar Rasulullah Saw bersabda yang artinya:

“Tahanlah sendawamu dari kami, karena orang yang paling sering kenyang di dunia adalah orang yang paling panjang laparnya di hari Kiamat.”

Larangan bersendawa dari Rasulullah ternyata bukan sekedar kata-kata semata, karena sendawa yang berasal dari rasa kenyang yang berlebihan memiliki dampak buruk terhadap tubuh kita seperti timbulnya tukak lambung, yang awalnya terasa nyeri pada ulu hati mual serta gangguan pencernaan.

Lain halnya dengan bersendawa, bersin justru tidak boleh ditahan karena itu adalah bentuk penolakan terhadap virus-virus yang masuk ke tubuh, walaupun demikian tetap ada adab-adab yang harus diperhatikan seorang muslim jika hendak bersin. hendaknya seseorang menutup hidung dan mulutnya ketika bersin, agar tidak menyebarkan virus kepada orang disekitarnya selain itu ketika bersin dianjurkan bagi umat muslim untuk mendoakan saudaranya sekaligus memuja allah swt berkat nikmat kesehatan yang diberikannya.

Rasulullah Saw bersabda yang artinya:

“Apabila salah seorang di antara kamu sekalian bersin dan memuji Allah (mengucapkan “Alhamdulillah”), maka doakanlah dia (dengan mengucapkan “Yarhamukallah”).  Dan apabila dia tidak memuji Allah, maka janganlah kamu mendoakannya.” (Hadis Riwayat Muslim)

ZM girls, mengapa kita dianjurkan untuk mengucapkan hamdallah saat bersin? karena disaat bersin maka seluruh organ-organ penting dalam tubuh akan berhenti untuk satu detik atau kurang seolah-olah kita baru terlewat dari maut dan mengucapkan Alhamdulillah adalah bentuk syukur kita atas kuasa Allah SWT.

Berbeda dengan bersin yang disukai Allah SWT, menguap pada dasarnya adalah bersumber dari syaitan. karena menguap seringkali menimbulkan rasa malas pada diri seseorang maka islampun telah menganjurkan adab dalam menguap yaitu dengan menahan semampunya.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

 “Menguap adalah dari setan, maka jika salah seorang di antara kalian menguap, hendaklah ia menahannya sedapat mungkin.” (HR Muslim)

alasan dibalik anjuran menahan atau menutup mulut ketika menguap ialah untuk menghindari masuknya debu dan hal-hal kotor lainnya ke tubuh melalui mulut kita. selain itu, membuka mulut saat menguap akan mengakibatkan syaitan mendekati dan membuat kita malas untuk beribadah kepada Allah SWT.

ZM girls, sebagai umat muslim yang beriman kepada Allah dan mengikuti Rasul-Nya maka hendaklah kita selalu mempraktekkan sunnah-sunnah yang telah diajarkan oleh islam termasuk terhadap hal-hal kecil karena segala sesuatu yang dianjurkan dalam islam pasti memiliki manfaat di dalamnya.

Older Post Newer Post