Ramah Wisatawan Muslim, 5 Kota dan Negara yang Wajib Dikunjungi di Luar Negeri

Ramah Wisatawan Muslim, 5 Kota dan Negara yang Wajib Dikunjungi di Luar Negeri

Segera setelah pandemi COVID-19 berakhir, kamu perlu refreshing dengan liburan ke luar negeri apabila kondisi bujet memungkinkan. Sekarang, tujuan ramah Muslim tidak lagi terbatas. Beberapa negara yang wajib dikunjungi berikut sudah memperluas pariwisata halal mereka untuk menarik lebih banyak wisatawan Muslim. Berikut lima kota dan negara ramah wisatawan Muslim yang wajib dikunjungi di luar negeri.

Seoul, Korea Selatan

Salah satu negara yang wajib dikunjungi oleh wisatawan Muslim adalah Seoul, Korea Selatan. Meskipun jumlah penduduk Muslim di Negeri Ginseng hanya mencapai angka 35.000 dari total penduduk 51,7 juta jiwa, Seoul sebagai ibu kota Korea Selatan sudah mengembangkan banyak spot yang ramah wisatawan Muslim,.

Korea Tourism Organization (KTO) atau Organisasi Pariwisata Korea menjadikan Seoul sebagai salah satu kota di dunia yang ramah wisatawan Muslim dengan menyediakan berbagai spot menarik, seperti “restoran ramah Muslim di Korea”. Kini, wisatawan Muslim di Seoul pun punya banyak pilihan makanan halal.

Kamu bisa mengunjungi Muslim Street di Itaewon, surganya tempat makanan halal. Kawasan ini adalah rumah bagi restoran-restoran ramah Muslim paling terkemuka yang menyajikan masakan halal asing dan Korea. Carilah restoran bersertifikasi halal yang dikeluarkan Federasi Muslim Korea (KMF) dan diakui oleh Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM), ya.

Budapest, Hongaria

Budapest adalah salah satu kota terbesar di Uni Eropa dan merupakan kota terbesar dan ibu kota Hongaria. Sebagai pusat politik, budaya, komersial, industri, dan transportasi Hongaria, Budapest menghadirkan atraksi dan keindahan kota yang tidak akan mengecewakan. 

Kota ini memiliki pemandangan menakjubkan, bangunan dan monumen bersejarah, lereng hijau, gereja tua, dan banyak spot wisata menarik lainnya. Budapest juga merupakan rumah bagi Situs Warisan Dunia UNESCO (pemandangan tanggul Danube dan Distrik Kastil Buda). 

Di sini, kamu juga bisa mengunjungi spot wisata menarik seperti Jembatan Rantai dan Gedung Opera Hongaria. Jika berkunjung ke Budapest, jangan lupa untuk bersantap di Szeraj dan Mughal Shahi ya, girls. Ada total sembilan masjid di sini, salah satunya Komunitas Islam Hongaria.

Oslo, Norwegia

Ketika memikirkan negara yang wajib dikunjungi wisatawan Muslim, ibu kota Norwegia mungkin bukan tempat pertama yang terlintas dalam pikiran. Namun, jangan salah, kota ini adalah lokasi wisata yang bagus untuk liburan karena menggabungkan alam dan landmark unik, serta sangat ramah wisatawan Muslim.

Ada banyak hal yang bisa dilihat dan dilakukan di Oslo. Selain itu, ada komunitas Muslim juga, lho. Untuk menikmati santap halal, kamu bisa mengunjungi Istanbul Kebab & Bakery dan Saray Restaurant. Sedangkan untuk salat, kamu bisa mengunjungi Masjid World Islamic Mission yang berlokasi di kawasan Åkebergveien.

Berlin & Munich, Jerman

Pilihan lain untuk negara yang wajib dikunjungi wisatawan Muslim adalah Jerman. Dengan lebih dari lima juta Muslim yang tinggal di negara ini, tidak mengherankan jika kota-kota di Jerman ramah Muslim, seperti Berlin dan Munich.

Tidak hanya menjadi kota dengan persentase Muslim tertinggi, Berlin dan Munich juga sangat menarik dikunjungi untuk pelajaran sejarah. Pastikan kamu mampir ke Berlin dan Munich sebagai titik awal yang sempurna untuk perjalanan Eropa, ya.

Johannesburg, Afrika Selatan

Johannesburg adalah kota terbesar di Afrika Selatan dan kota terbesar ketiga di Afrika. Kota yang juga merupakan kota terpadat di dunia yang tidak terletak di tepi perairan utama ini merupakan rumah bagi banyak atraksi dan area hijau yang luas dan memiliki kondisi cuaca sangat baik.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Johannesburg, jadi wisatawan dijamin tidak akan bosan. Meskipun Muslim merupakan persentase kecil dari populasi kota, kamu bisa tetap dengan mudah menemukan cukup banyak restoran halal dan masjid di Johannesburg.

Wisatawan Muslim akan dimanjakan dengan banyak pilihan makanan halal di Johannesburg. Kamu dapat menemukan beragam masakan, mulai dari Meksiko, Italia, hingga Timur Tengah. Chicken Licken, Hendrix Pizza & Coffee Café, Steers, dan Mochachos hanyalah beberapa dari banyak restoran halal di Johannesburg. 

Selain itu, ada banyak masjid di Johannesburg sehingga wisatawan Muslim dengan mudah bisa menunaikan ibadah salat. Banyak penduduk Muslim yang tinggal di kawasan Mayfair, Crosby, dan Brixton. Kamu bisa menemukan Masjid Jumu'ah di Kerk Street, Masjid Nugget Street, dan Masjid Ziaul Badr di Johannesburg.


Itu tadi informasi tentang negara yang wajib dikunjungi di luar negeri bagi wisatawan Muslim. Kira-kira negara mana, nih, yang mau kamu datangi segera setelah pandemi berakhir? Untuk membuat momen liburan makin berkesan dan menyenangkan, jangan lupa pakai outfit dan koleksi hijab menarik dari ZMNow, ya. Happy holiday!