Shopping Cart

TIPS SEHAT SETELAH MAKAN DAGING

Posted by Atilla Syah on
TIPS SEHAT SETELAH MAKAN DAGING

Daging nampaknya telah menjadi menu andalah di seluruh dunia setiap negara tentu memiliki berbagai macam olahan khas yang berbahan dasar daging baik itu daging sapi maupun daging kambing.

Namun seiring dengan itu banyak orang yang beranggapan bahwa daging merupakan makanan yang membawa berbagai macam penyakit sperti memicu sakit kepala atau hipertensi kolesterol diabetes dan lain sebagainya karena itu banyak pula orang-orang yang membatasi untuk mengkonsumsi daging.

ZM girls, daging memang membawa beberapa bahaya namun hal itu terjadi jika pengolahannya kurang tepat atau porsi konsumsi daging yang berlebihan karena pada dasarnya daging juga memiliki berbagai manfaat.

MANFAAT YANG TERKANDUNG DALAM DAGING

Diantaranya adalah mengandung protein yang tinggi dimana protein ini dapat membangun jaringan pada tubuh dan menjadikan antibodi alami tubuh bekerja dengan baik bahkan asam amino esensial pada daging merupakan yang terbaik di kelasnya kemudian daging juga mengandung zat besi yang melimpah juga vitamin A, D, B dan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh untuk produksi energi kita sehari-hari.

Berkenaan dengan olahan makanan daging selama ini kita mendengar para dokter menyarankan kita untuk meghindari olahan daging kambing karena daging ini lah yang memiliki kandungan lemak dan kolestrol yang tinggi, namun kenyataannya sebenarnya banyak pula manfaat yang terkandung daam daging kambing.

Penelitian dari American Heart Association menyatakan bahwa daging kaming baik untuk setiap orang yang memiliki masalah pada jantungnya karena daging ini mengandung protein tinggi dan kandungan lemak sehat, daging kambing juga mengandung kolestrol namun bukan kolestrol jahat kolestrol ini justru dapat menguraikan kolestrol dalam darah yang menjadi penyebab penyakit darah tinggi.

RASULULLAH SAW GEMAR MAKAN DAGING KAMBING

Daging kambing sendiri telah menjadi makanan favorit banyak orang bahkan disebutkan dari beberapa riwayat para sahabat dikatakan bahwa Rasulullah SAW gemar megkonsumsi daging yang satu ini, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA menyatakan bahwa :

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah disuguhi daging. Bagian kaki (dari daging itu atau paha) diberikan kepada Beliau. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukainya, maka beliau menggigit daging itu”. (HR. Bukhari dan Muslim)

dan dalam riwayat yang lan rasulullah saw bersabda bahwa :

“Peliharalah oleh kalian kambing karena di dalamnya terdapat barakah”. (HR. Ahmad)

ZM girls, memang tidak dipungkiri jika kita salah dalam mengkonsumsi daging maka akan menyebabkan beberapa penyakit untuk itu kami akan menjelaskan beberapa tips sehat dalam mengkonsumsi daging.

 

KONSUMSI BUAH DAN SAYURAN

jika kita gemar makan daging maka kita juga harus mengkombinasikannya dengan sayur-sayuran dan buah-buahan dimana sayur dan buah ini mengandung serat yang akan menyerap lemak yang berlebh dari daging dan untuk memilih buah agaknya kita memilih buah yang kaya akan kandungan anti oksidan seperti apel dan lain sebagainya.

MEMILIH MINUMAN YANG TEPAT

Berikutnya, kita harus memilih minuman yag tepat hindari minuman - minuman manis seperti sirup hal ini untuk menghindar kelebihan jumlah energi atau kalori yang dikonsumsi tubuh. dalam hal ini disarankan untuk minum air putih karena dapat menetralisir tubuh, atau dengan pilihan minuman lain seperti jus jeruk tanpa pemanis atau gula karena hal ini sagat berguna untuk menghancurkan lemak dalam tubuh.

TIDAK BERLEBIHAN KETIKA MAKAN DAGING

Dan terakhir, yang patut kita ingat berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh makanan olahan daging muncul jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan untuk itu hendaknya kita menjaga apa yang kita makan dimana Rasulullah SAW juga telah mengingatkan kita dalam sebuah hadist yang artinya :

Tidaklah anak Adam memenuhi wadah yang lebih buruk dari perut. Cukuplah bagi anak Adam memakan beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Namun jika ia harus (melebihinya), hendaknya sepertiga perutnya (diisi) untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk bernafas” (HR At-Tirmidzi)

Older Post Newer Post