Shopping Cart

TREND FASHION YANG BERBAHAYA UNTUK KESEHATAN

Posted by Atilla Syah on
TREND FASHION YANG BERBAHAYA UNTUK KESEHATAN

Dari masa ke masa, trend fashion selalu berkembang dan berubah-ubah sesuai dengan zamannya, orang-orangpun berlomba-lomba mengubah fashionnya agar dianggap keren sesuai dengan perkembangan zaman.

Namun tahukah anda? ada beberapa mode fashion yang tidak sehat karena bisa membuat pemakainya mengalami gangguan kesehatan.

Penelitian terbaru menyebutkan jika beberapa kebiasaan cara berpakaian atau gaya fashion kita bisa berdampak buruk buat kesehatan jika di lakukan secara terus-menerus dalam waktu yang lama.

SEPATU HAK TINGGI

Sepatu hak tinggi atau yang lebih dikenal dengan high heels. fenomena wanita dengan sepatu hak tinggi ini sebenarnya sudah ada pada zaman Nabi Muhammad SAW dahulu kala, para wanita Bani Israil memakai sepatu hak tinggi untuk menarik perhatian para laki-laki, maka amat disayangkan perbuatan para wanita Bani Israil ini ditiru oleh wanita-wanita di zaman sekarang. Aisyah Radliyallahu ‘Anha berkata:

Dahulu wanita bani israil mengambil kaki-kaki dari kayu, untuk menarik perhatian para laki-laki di masjid.  Maka Allah haramkan masjid kepada mereka, dan diberikan haid yang panjang”. (HR. Abdurrozzaq dalam Al Aushonnaf Nomor 5114, Shahih).

Banyak ahli yang menyatakan jika penggunaan sepatu dengan hak tinggi ini membuat beban tubuh bertumpu pada kaki, dan hal ini mampu menimbulkan rasa sakit jika penggunaannya berlangsung lama, penelitian lain juga menyebutkan jika sepatu hak tinggi mampu membuat posisi alami kaki berubah.

Tidak hanya itu, penggunaan high heels juga menyebabkan reaksi berantai hingga mengancam kesehatan tulang belakang.

SKINNY JEANS

Siapa yang tidak kenal dengan skinny jeans? model jeans yang bentuknya ketat pada bagian paha dan semakin meruncing ke arah tumit. di Indonesia, sekarang model jeans ini lebih dikenal dengan julukan celana ‘pensil' dan terus menjadi trend dalam beberapa tahun terakhir sejak kemunculannya di tahun 80’an.

Namun siapa sangka?. model jeans yang satu ini dapat menekan saraf-saraf yang bisa mengakibatkan rasa kebas dibagian paha.

Salah satu studi yang dipublikasikan oleh Journal Of Neurology Neurosurgeru And Psychiatry mengatakan jika terdapat kisah sedih dari seorang wanita yang berusia 35 tahun akibat penggunaan jenis celana ini.

Wanita tersebut menceritakan jika secara tiba-tiba kakinya mati rasa saat menggunakan skinny jeans, menurut penelitian wanita ini mengalami pembengkakan pada bagian kaki serta pergelangan kakinya petugas gawat darurat pun harus merobek celana skinny jeans yang tengah dipakainya untuk perawatan lebih lanjut.

Penggunaan celana jeans ketat tersebut membuat jari kaki serta pergelangan kakinya menjadi lemah untungnya bagian atas tubuhnya masih dapat bekerja secara normal, dan setelah dilakukan pemeriksaan ternyata penggunaan celana jeans ketat dapat membuat saraf kaki bagian bawah serta pada bagian telapak kakinya tersumbat saat berjongkok.

KORSET

Kebanyakan dari wanita, menggunakan korset untuk membantu supaya tubuhnya terlihat lebih langsing dan ramping. namun korset merupakan tren fashion yang sangat berbahaya bagi kesehatan, jika seorang wanita memakainya dengan cara memaksakan diri secara berlebihan.

Hal tersebut, tentu saja dapat membuat tubuh akan terasa menyakitkan dan sulit bernapas karena penggunaan korset yang terlalu ketat dapat menekan paru-paru. Kemudian, akibatnya dapat menjadi pusing dan mual karena kekurangan oksigen. para ahli bahkan mengungkapkan pemakaian korset secara berlebihan dan dilakukannya terus menerus malah akan meyebabkan rusaknya tulang rusuk beberapa waktu ke depan nantinya.

Dan mengenai pakaian ketat ini sebenarnya islam sudah melarangnya, dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu beliau berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: (1) Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan (2) para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, padahal baunya dapat tercium dari jarak sekian dan sekian.” (HR. Muslim no. 2128).

Di antara maksud dari berpakaian namun telanjang adalah menyingkap aurat berpakaian tipis dan termasuk pula berpakaian ketat yang menampakkan bentuk lekuk tubuh.

CAPTION       :           TINDIK TUBUH DAN TATTO

Gaya fashion berbahaya bagi kesehatan selanjutnya adalah tindik tubuh dan tato.

Sudah menjadi hal wajar bagi wanita untuk menindik telinganya, namun terkadang ada pula sebagian orang baik wanita maupun pria yang memiliki hobi untuk menindik bagian tubuhnya dibagian tertentu kecuali telinga seperti pada alis, lidah, hidung dan lain sebagainya.

Jika tindik berlebihan semacam ini dilakukan, sudah pasti akan menggangu kesehatan kulit seperti luka atau robek pada permukaan luar kulit, infeksi, sampai akhirnya dapat merusak saraf penting yang tersusun pada sekitar kulit.

Selain itu, trend fashion yang membahayakan kesehatan lainnya adalah mentatto tubuh seperti yang diketahui tindakan mentatto dapat beresiko sangat besar seperti terjadinya infeksi pada kulit keloid, alergi, serta penyakit membahayakan lainnya.

ZM girls, demikianlah beberapa trend fashion yang berbahaya bagi tubuh jika dilakukan sebagai hamba allah kita dituntut untuk menjaga diri kita dari hal-hal yang merusak diri  allah swt berfirman yang artinya:

“Dan janganlah kalian menjatuhkan diri kalian dalam kebinasaan…”. (QS. Al Baqarah: 195).

Maka bijak dan selektiflah dalam memilih fashion sehingga kita terhindar dari hal-hal yang membahayakan kesehatan tubuh kita.

Older Post Newer Post